KAJIAN SYMBOLIC INTERACTIONALISM: MAKNA LOVE PADA INSTAGRAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna simbol ‘love’ pada remaja 
pengguna Instagram. Subjek penelitian ini adalah 150 pengguna instagram dan path dengan 
rentang usia 12-35 tahun (berdasarkan data APJII, 2012). Tim peneliti kemudian 
mengklasifikasi subjek penelitian ke dalam dua kelompok berdasarkan tahap perkembangan 
Erikson (dalam Kail dan Cavanaugh, 2013) yaitu, 75 remaja (12-19 tahun) dan 75 dewasa awal 
(20-35 tahun). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pemilihan pendekatan 
penelitian ini dilatarbelakngi dengan fenomena yang dikaji bersifat umum atau major. Adapun 
jenis penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan metode penelitian survey dengan 
menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling untuk mengetahui makna 
simbol ‘love’ pengguna Instagram. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa berdasarkan jenis 
kelamin pria dan wanita, pengguna instagram pada pria sebesar 24% dan pengguna 
instagram pada wanita sebesar 7 artinya 4% yang wanita mendominasi dalam 
menggunakan media sosial instagram pria memberikan simbol love di Instagram 
karena menyukai foto yang diunggah sedangkan wanita memberikan simbol love 
karena foto yang diunggah dapat menarik minat mereka. Kesimpulan dari penelitian 
ini menunjukan bahwa pria dan wanita memiliki perbedaan dalam memberikan simbol 
love pada akun Instagram.
This study aims to determine the meaning of the 'love' symbol in adolescent 
Instagram users. The subjects of this study were 150 Instagram and Path users with an 
age range of 12-35 years (based on APJII data, 2012). The research team then classified 
the research subjects into two groups based on Erikson's developmental stage (in Kail 
and Cavanaugh, 2013), namely, 75 adolescents (12-19 years) and 75 early adults (20-
35 years). The research approach used is quantitative. The choice of this research 
approach is motivated by the phenomenon being studied is general or major. The type 
of this research is descriptive statistics with survey research methods using nonprobability sampling techniques to determine the meaning of the 'love' symbol for 
Instagram users. The results of this study found that based on male and female gender, 
male and female Instagram users were 24% and female Instagram users were 7, meaning 
that 4% of women dominate in using social media Instagram. give a love symbol 
because the uploaded photo can attract their interest. The conclusion of this study shows 
that men and women have differences in giving the love symbol on Instagram accounts.
 
							 
							

