KONSEP DIRI DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN BELANJA ONLINE

  • Pierre Vincent Antonio
  • Lania Muharsih
  • Marhisar Simatupang
Keywords: Konsep diri, perilaku konsumtif, belanja online

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku
konsumtif pada mahasiswa yang melakukan belanja online di Universitas Singaperbangsa Karawang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang melibatkan mahasiswa di Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 di Universitas
Singaperbangsa Karawang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 187 responden, dengan sampel
berjumlah 119 responden menggunakan rumus dari Issac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%.
Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu: Mahasiswa program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan
2018, berusia 20-22 Tahun dan pernah melakukan belanja online. Teknik sampling yang digunakan
menggunakan teknik sampling kuota, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dari
dua skala yaitu: skala konsep diri dan skala perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil analisis data, maka
peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil uji hipotesis koefisien korelasi pearson product moment
didapatkan nilai ????௫௬ sebesar 0,031 dengan nilai Sig sebesar 0,736 (>0,05) sehingga hipotesis pada
penelitian ini yaitu Ha ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan
antara variabel konsep diri dengan perilaku konsumtif Pada Mahasiswa yang Melakukan Belanja
Online di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 di
Universitas Singaperbangsa Karawang.

The purpose of this study was to determine the relationship between self-concept and
consumptive behavior in students who do online shopping at Singaperbangsa University Karawang.
This study uses a quantitative approach, involving students at the Faculty of Social and Political
Sciences, Class of 2018 Communication Studies Program at Singaperbangsa University, Karawang.
The population in this study amounted to 187 respondents, with a sample of 119 respondents using
the formula from Issac and Michael with a significance level of 5%. The criteria for respondents in
this study are: Students of the 2018 Class of Communication Studies Program, aged 20-22 years and
have done online shopping. The sampling technique used is quota sampling technique, with the data
collection method using two scales, namely: the self-concept scale and the consumptive behavior
scale. Based on the results of data analysis, the researcher can conclude that the results of the Pearson
product moment correlation coefficient hypothesis test obtained an rxy value of 0.031 and a Sig value
of 0.736 (> 0.05) so that the hypothesis in this study Ha was rejected and H0 was accepted, which
means that there is no significant relationship. There is a significant difference between self-concept
variables and consumptive behavior in students who do online shopping at the Faculty of Social and
Political Sciences, Communication Studies Program Class of 2018 at Singaperbangsa Karawang
University.

Published
2022-12-26