PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP TRUST PADA PELANGGAN BENGKEL DEALER DAIHATSU CABANG MAUMERE
Abstract
Trust adalah kepercayaan atau keyakinan pihak tertentu terhadap yang lain dalam mempertahankan
suatu hubungan serta kesediaan perusahaan untuk bergantung pada mitra bisnis. Sedangkan service quality
(kualitas pelayanan) merupakan suatu pemenuhan harapan kepada perusahaan terhadap suatu produk atau
layanan yang diterima pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality
terhadap trust pada pelanggan Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 60 dari populasi pelanggan yang berlangganan di Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini
adalah skala trust dan skala service quality yang disusun sendiri oleh peneliti. Penelitian ini termasuk
penelitian kuantitatif asosiatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
service quality terhadap trust pada pelanggan Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere dengan taraf
signifikansi (p) sebesar 0.000 < 0,05, artinya ada pengaruh positif service quality terhadap trust, pada hasil
perhitungan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,695 yang berarti bahwa kontribusi variabel service quality
(X) terhadap trust (Y) pada pelanggan Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere sebesar 48.3%.
Sedangkan sisanya sebesar 51.7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam
model penelitian ini.
Trust adalah kepercayaan atau keyakinan pihak tertentu terhadap yang lain dalam mempertahankan
suatu hubungan serta kesediaan perusahaan untuk bergantung pada mitra bisnis. Sedangkan service quality
(kualitas pelayanan) merupakan suatu pemenuhan harapan kepada perusahaan terhadap suatu produk atau
layanan yang diterima pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality
terhadap trust pada pelanggan Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 60 dari populasi pelanggan yang berlangganan di Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini
adalah skala trust dan skala service quality yang disusun sendiri oleh peneliti. Penelitian ini termasuk
penelitian kuantitatif asosiatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari
service quality terhadap trust pada pelanggan Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere dengan taraf
signifikansi (p) sebesar 0.000 < 0,05, artinya ada pengaruh positif service quality terhadap trust, pada hasil
perhitungan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,695 yang berarti bahwa kontribusi variabel service quality
(X) terhadap trust (Y) pada pelanggan Bengkel Dealer Daihatsu Cabang Maumere sebesar 48.3%.
Sedangkan sisanya sebesar 51.7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam
model penelitian ini.

