PENGARUH MOTIVASI EMOSIONAL KONSUMEN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE INDONESIA PADA DEWASA AWAL
Abstract
E-commerce yang marak digunakan untuk saat ini adalah Shopee. Terdapat berbagi keunggulan
pada e-commerce Shopee, sehingga banyak masyarakat dari berbagai usia tertarik berbelanja khususnya
didominasi oleh mereka yang berusia dewasa awal. Dilihat dari perkembangan kognitifnya menjadikan
adanya dorongan individu untuk berperilaku konsumtif dalam pembelian. Salah satu faktor yang diduga
dapat mempengaruhi subjek berperilaku konsumtif adalah motivasi emosional konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi emosional konsumen terhadap perilaku konsumtif pengguna
Shopee Indonesia pada dewasa awal. Metode penelitian ini adalah kuantitatif kausal komparatif dengan
teknik pengambilan sampel purposive sampling untuk sampel sebanyak minimal 100 responden. Alat ukur
yang digunakan adalah skala motivasi emosional konsumen dengan 34 aitem valid dan reliabilitas sebesar
0,928, dan skala perilaku konsumtif dengan 23 aitem valid dan reliabilitas sebesar 0,955. Berdasarkan hasil
persamaan regresi linier menunjukkan ada pengaruh positif motivasi emosional konsumen terhadap perilaku
konsumtif (sig p 0,000 dan Y = 12,491+0,502X). Motivasi emosional konsumen memiliki pengaruhi
terhadap perilaku konsumtif sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengguna Shopee
Indonesia lebih banyak memiliki motivasi emosional konsumen tinggi (53,9%) dan perilaku konsumtif tinggi
(53,3%), dengan data demografis lebih banyak berjenis kelamin perempuan, berusia 18-22 tahun, dengan
tingkat pendidikan S1, serta berstatus Pelajar/Mahasiswa diikuti Karyawan.
E-commerce that is widely used at this time is Shopee. There are various advantages in Shopee's
e-commerce, so that many people of all ages are interested in shopping, especially those who are in early
adulthood. Judging from its cognitive development, it makes an individual drive to behave consumptive in
purchasing. One of the factors that are thought to influence the subject of consumptive behavior is the
emotional motivation of consumers. This study aims to determine the effect of consumers' emotional
motivation on the consumptive behavior of Shopee Indonesia users in early adulthood. This research method
is quantitative causal comparative with purposive sampling technique for a sample of at least 100
respondents. The measuring instrument used is the consumer's emotional motivation scale with 34 valid
items and reliability of 0.928, and the consumptive behavior scale with 23 valid and reliability items of
0.955. Based on the results of the linear regression equation, it shows that there is a positive influence of
consumers' emotional motivation on consumptive behavior (sig p 0.000 and Y = 12.491+0.502X).
Consumers' emotional motivation has an influence on consumptive behavior 43% and the remaining 57% is
influenced by other factors. Shopee Indonesia users are more likely to have high consumer emotional
motivation (53.9%) and high consumptive behavior (53.3%), with more demographic data being female,
with an undergraduate education level, and student status followed by employee’s status.

