HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN OPTIMISME MASA DEPAN PADA SISWA SMK ITENAS KELAS XII
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi saat ini yang
belum terselesaikan dari dulu hingga sekarang yaitu minimnya ketersediaan lapangan
kerja bagi para lulusan SMK, membuat jumlah pengangguran dengan latar belakang
pendidikan SMK semakin meningkat, terlebih pada masa pandemic saat ini.
Fenomena tersebut merupakan sebuah permasalahan untuk para lulusan SLTA juga
termasuk para siswa sekolah yang saat pandemic ini sedang menuntut ilmu guna
mempersiapkan diri untuk menyongsong masa depan. Dengan adanya fenomena
seperti itu, para siswa harus memiliki optimisme yang tinggi agar dapat
mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi masa depannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara variable self esteem
dengan optimisme masa depan pada siswa SMK. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa SMK ITENAS kelas XII. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik quota sampling. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan mencari hubungan antara
variabel self esteem dengan optimisme masa depan. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan skala self esteem dan skala optimisme. Teknik analisis data
yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis
diperoleh nilai koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0.694 lebih besar dari r tabel
0.195, artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara self esteem
dengan optimisme masa depan.
This research is based on the current problem that is lack of jobs for high
school graduates. Therefore the number of unemployed is increasing, especially
during a pandemic like now. That phenomenon is a problem for every freshgraduates
even for students who are currently facing a pandemicproblems in learning.
Therefore, every student’s must have high optimism in order to prepare themselves as
best as possible for their future. This research aims to examine the correlation
between self-esteem and future optimism of Vocational High School students. The
population in this research were 12th grade of ITENAS’S Vocational High School
students. The sampling technique used was the quota sampling technique. This
research is a correlational quantitative research between self-esteem and future
optimism. Data collection was done using a self-esteem and optimism scales. The
data analysis technique used is the product moment correlation. Based on the results
of the analysis obtained the correlation coefficient value of 0.694 which is biger than
the r-table value of 0.195, it means that there is a very significant positive correlation
between self-esteem and future optimism.

