PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP AGGRESSIVE DRIVING PADA ANGGOTA CLUB SEPEDA MOTOR HONDA CB150R DI KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Angka kecelakaan lalu lintas pada pengemudi sepeda motor semakin meningkat
di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah human error. Perilaku aggressive driving
disinyalir membFebriantoan kontribusi utama pada peningkatan angka kecelakaan
tersebut. Dengan pengendalian diri yang baik, perilaku aggressive driving bisa dikurangi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap perilaku
aggressive driving pada anggota Club sepeda motor Honda CB150R di Kabupaten
Karawang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan populasi sebanyak 135
orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling.
Instrument dalam penelitian ini menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku
aggressive driving. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol diri berpengaruh
negatif terhadap perilaku aggressive driving, dengan nilai r = -0,179 dan p = 0,00 p <
0,01. Artinya, semakin tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah perilaku aggressive
driving, begitu pula sebaliknya. Pengaruh efektif control diri terhadap perilaku aggressive
driving sebesar 17,9% yang artinya masih ada 82,1% perilaku aggressive driving
dipengaruhi oleh variabel lain.
The number of traffic accidents on motorcyclists increased in Indonesia. One
possible caused was human error. Aggressive driving behavior was allegedly contributed
to the increase in the number of these accidents. With good self-control, aggressive
driving behavior can reduce. This study aimed to examine the relationship between selfcontrol toward aggressive driving behavior on the honda CB150R motorcycle Club in
Karawang regency. The research design was associative quantitative with a population of
135 people. The sampling technique used nonprobability sampling. The instrument in this
study used a self-control scale and an aggressive driving scale. The results of this study
indicated that the self-control harms aggressive driving behavior, with r = -0.537 and p =
0.00; p < 0.01. That was, the higher the self-control, the lower of aggressive driving
behavior, vice versa. The effect of self-control on aggressive driving behavior is 17.9%,
which means that 82.1% of aggressive driving behavior influence by other variables

