PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE EXPRESS) KARAWANG
Abstract
Keberhasilan suatu perusahaan dapat diperoleh dari kerja keras dan kerja sama semua
karyawan, sehingga target yang sudah ditentukan dapat tercapai, namun dibalik keberhasilan
tersebut terdapat beban kerja yang harus di tanggung oleh setiap karyawan seperti target
perusahaan yang dirasa cukup tinggi, sistem kerja yang masih berantakan serta loyalitas karyawan
terhadap perusahaan yang harus dilaksanakan setiap harinya membuat beban kerja bertambah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja
karyawan PT Tiki Jalur Nugraha Eka kurir (JNE Express) Karawang. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan teknik sampling kuota (nonprobability) yang
dilakukan kepada 159 karyawan outsourcing sebagai sampel responden. Analisis data
menggunakan uji regresi linier sederhana untuk melihat besaran nilai variable Kepuasan Kerja (Y)
yang dipengaruhi oleh variable beban kerja (X). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh
beban kerja terhadap kepuasan kerja PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE Express) Karawang
dengan nilai signifikan 0,011<0,05 maka hipotesis penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak.
Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan terhadap perusahaan agar tetap stabil dalam
memperhatikan karyawannya dan hal tersebut dapat meningkatkan kualitas perusahaan dalam
bidang sumber daya manusia.
The success of a company can be obtained from the hard work and cooperation of all
employees, so that the predetermined targets can be achieved, but behind this success there is a
workload that must be borne by each employee such as company targets that are considered high
enough, the work system is still messy and employee loyalty to the company that must be carried
out every day makes the workload increase. The purpose of this study was to determine the effect
of workload on job satisfaction of employees of PT Tiki Jalur Nugraha Eka kurir (JNE EXPRESS)
Karawang. The method used in this research is quantitative with a quota sampling technique
(nonprobability) which is conducted on 159 outsourcing employees as a sample of respondents.
Data analysis used simple linear regression test to see the value of the Job Satisfaction variable
(Y) which is influenced by the workload variable (X). The results of this study are that there is an
effect of workload on job satisfaction at PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE EXPRESS)
Karawang with a significant value of 0.011 <0.05, so this research hypothesis Ha is accepted and
H0 is rejected. It is hoped that this research can become a reference for the company to remain
stable in paying attention to its employees and this can improve the quality of the company in the
field of human resources.

