SELF EFFICACY DAN PENYESUAIAN AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH PENERBANGAN DI INDONESIA
Abstract
Siswa yang menjalani pendidikan di sekolah penerbangan di Indonesia dihadapkan dengan
berbagai tuntutan pembelajaran dengan basic semi militer yang belum pernah ditemui sebelumnya,
sehingga untuk para siswa yang baru masuk diperlukan adanya kemampuan penyesuaian akademik yang
baik agar dapat mempertahankan dirinya disekolah penerbangan dengan tuntutan yang tinggi. Salah satu
faktor yang diduga memiliki hubungan dengan penyesuaian akademik adalah self efficacy. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan penyesuaian akademik pada
siswa sekolah penerbangan di Indonesia. Rancangan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif noneksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling
kuota. Sampel penelitian berjumlah 85 siswa sekolah penerbangan di Indonesia. Alat ukur pertama self
efficacy dari teori Bandura berjumlah 28 aitem valid dengan koefisien realibilitas sebesar (α) 0,936 dan alat
ukur kedua penyesuaian akademik dari teori Schneiders berjumlah 32 aitem valid dengan koefisien
realibilitas (α) sebesar 0,953. Berdasarkan hasil uji pearson product moment memiliki hasil sig (p) = 0,026
(p < 0,05) dengan nilai r = 0,240 yang menyatakan adanya hubungan positif antara self efficacy dengan
penyesuaian akademik pada siswa sekolah penerbangan di Indonesia yang berarti hipotesis diterima. Self
efficacy mempengaruhi penyesuaian akademik sebesar 5,76%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Students who are studying in aviation school in Indonesia are faced with various demands for
learning on a semi-military basis that have never been encountered before, so for new students who are
required to have good academic adjustment skills in order to be able to defend themselves at flight schools
with high demands. One factor that is thought to have a relationship with academic adjustment is self
efficacy. The purpose of this study was to determine the relationship between self efficacy and academic
adjustment in pilot students in Indonesia. The design in this study is quantitative non-experimental. The
sampling technique uses non-probability sampling with the type of quota sampling. The research sample
was 85 pilot students in Indonesia. The first self efficacy measuring instrument from the Bandura theory is
28 valid items with a reliability coefficient of (α) 0.936 and the second academic adjustment tool from the
Schneiders theory is 32 valid items with a reliability coefficient (α) of 0.953. Based on the Pearson product
moment test results have the results of sig (p) = 0.026 (p <0.05) with a value of r = 0.240 which states there
is a positive relationship between self efficacy and academic adjustment in pilot students in Indonesia,
which means the hypothesis is accepted. Self efficacy affects academic adjustment by 5.76%, the rest is
influenced by other factors.

