FANATISME DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS PENGGEMAR K-POP DI KARAWANG

  • Indah Apriliani
  • Lania Muharsih
  • Nita Rohayati
Keywords: Fanatisme, perilaku konsumtif, komunitas penggemar K-pop

Abstract

The purpose of this study is to determine the level of fanaticism and the
level of consumptive behavior and whether or not there is an influence of
fanaticism on consumptive behavior in the K-pop fan community in Karawang.
The research method used is quantitative methods with a causal research design,
using a quota sampling technique. The population in this study was 500 people
who joined the chat group with a sample of 205 people who were seen from the
reference table Isaac and Michael with an error rate of 5%. The measuring
instrument used is a scale of fanaticism and a scale of consumptive behavior
tested with a simple linearity regression test. It shows that there is an influence
between fanaticism on consumptive behavior with sig 0.000 (p> 0.005) so that the
hypothesis in this study is Ha accepted and H0 rejected.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingakat fanatisme dan tingkat
perilaku konsumtif serta ada atau tidaknya pengaruh fanatisme terhadap perilaku
konsumtif pada komunitas penggemar K-pop di Karawang. Metode penelitian
yang digunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kausal, dengan
menggunakan teknik quota sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 500
orang yang bergabung di grup chat dengan sampel yang diambil 205 orang yang
dilihat dari tabel acuan Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Alat ukur
yang digunakan menggunakan skala fanatisme dan skala perilaku konsumtif di uji
dengan uji regresi linearitas sederhana yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh
antara fanatisme terhadap perilaku konsumtif dengan sig 0,000 (p>0,005)
sehingga hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha diterima dan H0 ditolak.

Published
2022-12-24