ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS SLOW LEARNER DI SLB AUTIS LAB UM

  • M Muhibullah
  • Ivana Eriska
  • Annisa Aqilah Haya
  • Tristiadi Ardi Ardani
Keywords: Slow learner, learning delays, holistic approach, cognitive development theory, inclusive education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa berkebutuhan khusus kategori slow learner di SLB Autis Lab Universitas Negeri Malang (UM). Slow learner adalah anak-anak yang memiliki keterbatasan kognitif, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran dibandingkan anak seusianya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi untuk menggali informasi dari guru yang menangani siswa slow learner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan utama siswa slow learner meliputi pemahaman akademik yang rendah, kesulitan mengikuti instruksi kompleks, serta keterbatasan dalam interaksi sosial. Guru memainkan peran penting dengan menyesuaikan metode pembelajaran, seperti pengulangan materi, penggunaan media visual, dan pemberian instruksi sederhana. Selain itu, dukungan orang tua sangat diperlukan melalui bimbingan di rumah. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik yang menggabungkan teori perkembangan kognitif, teori kecerdasan majemuk, dan dukungan emosional untuk membantu anak slow learner mencapai potensi optimal mereka.

This research aims to analyze the learning difficulties of students with special needs in the slow learner category at the SLB Autism Lab, State University of Malang (UM). Slow learners are children who have cognitive limitations, so they take longer to understand and master learning material than children their age. This research uses qualitative methods with interviews and observations to gather information from teachers who work with slow learner students. The research results show that the main difficulties of slow learner students include low academic understanding, difficulty following complex instructions, and limitations in social interaction. Teachers play an important role by adapting learning methods, such as repeating material, using visual media, and providing simple instructions. Apart from that, parental support is very necessary through guidance at home. This research highlights the importance of a holistic approach that combines cognitive development theory, multiple intelligence theory, and emotional support to help slow learner children reach their optimal potential

Published
2025-04-11