APAKAH MAHASISWA AKTIF BERORGANISASI LEBIH DARI SATU MENGAKIBATKAN PROKRASTINASI AKADEMIK?
Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak keterlibatan mahasiswa dalam lebih dari satu organisasi terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Dengan pendekatan kualitatif, wawancara dilakukan dengan mahasiswa aktif di berbagai organisasi untuk memahami pengalaman mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu yang buruk dan beban tugas organisasi yang berat menjadi penyebab utama penundaan dalam menyelesaikan tugas akademik, meskipun keterlibatan dalam organisasi membawa keuntungan seperti peningkatan keterampilan kepemimpinan dan kolaborasi, pengelolaan waktu yang tidak efektif dapat menghambat pencapaian akademik. Penelitian ini menekankan perlunya penerapan strategi manajemen waktu yang baik serta dukungan dari institusi pendidikan agar mahasiswa dapat menyeimbangkan komitmen organisasi dan tanggung jawab akademik. Temuan ini sejalan dengan studi terbaru yang menegaskan bahwa kemampuan mengelola waktu secara efektif sangat penting untuk keberhasilan akademik dan dapat mengurangi stres akibat prokrastinasi. Oleh karena itu, mahasiswa yang aktif dalam organisasi harus menyadari pentingnya pengelolaan waktu yang baik untuk meraih keberhasilan di kedua bidang tersebut.
This study examines the impact of students' involvement in more than one organization on academic procrastination behavior. Using a qualitative approach, interviews were conducted with students active in various organizations to understand their experiences. The results showed that poor time management and heavy organizational task load were the main causes of procrastination in completing academic tasks, although involvement in organizations brings benefits such as improved leadership and collaboration skills, ineffective time management can hinder academic achievement. This study emphasizes the need for the implementation of good time management strategies as well as support from educational institutions for students to balance organizational commitments and academic responsibilities. This finding is in line with recent studies that confirm that the ability to manage time effectively is critical for academic success and can reduce stress due to procrastination. Therefore, students who are active in organizations should realize the importance of good time management to achieve success in both areas.