PERILAKU ANAK ADHD : PERKEMBANGAN DAN PENANGANAN DI CIBI MALANG

  • Frida Lolita Hapsari
  • Mukhammad Raihan Al Hakim
  • Arifah Nabila
  • Muhammad Shohih Farid Wajdi
  • Tristiadi Ardi Ardani
Keywords: ADHD, intervensi, keterampilan sosial, konsentrasi, dukungan emosional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman anak-anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (ADHD) serta efektivitas intervensi yang diterima. Metode yang digunakan meliputi observasi dan wawancara dengan anak-anak, orang tua, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ADHD memiliki tiga tipe: inatensi, hiperaktif-impulsif, dan kombinasi. Anak-anak dengan tipe inatensi mengalami kesulitan dalam fokus, sedangkan yang hiperaktif-impulsif menunjukkan perilaku berlebihan. Intervensi seperti analisis perilaku terapan (ABA) dan Brain Gym terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan konsentrasi anak-anak. Dukungan emosional dari orang tua dan guru juga berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan terapi. Namun, penelitian ini mengidentifikasi kelemahan, seperti kurangnya pemahaman orang tua tentang ADHD yang dapat menghambat kemajuan terapi. Kerjasama yang erat antara terapis dan orang tua sangat penting untuk mendukung perkembangan anak-anak dengan ADHD. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya edukasi yang memadai bagi orang tua dan kolaborasi yang lebih baik antara semua pihak terkait untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak dengan ADHD. Penelitian ini memberikan wawasan penting dalam memahami tantangan yang dihadapi anak-anak dengan ADHD dan strategi yang dapat diterapkan untuk membantu mereka mencapai potensi penuh dalam aspek akademik dan sosial.

Abstract. This study aims to explore the experiences of children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) and the effectiveness of the interventions they receive. The methods employed include observations and interviews with children, parents, and teachers. The results indicate that ADHD has three types: inattentive, hyperactive-impulsive, and combined. Children with inattentive type struggle with focus, while those with hyperactive-impulsive type exhibit excessive behaviors. Interventions such as Applied Behavior Analysis (ABA) and Brain Gym have proven effective in enhancing children's social skills and concentration. Emotional support from parents and teachers significantly contributes to the success of the therapy. However, this study also identifies weaknesses, such as a lack of parental understanding of ADHD, which can hinder therapy progress. Close collaboration between therapists and parents is crucial to support the development of children with ADHD. The implications of this research emphasize the need for adequate education for parents and improved collaboration among all stakeholders to enhance the quality of life for children with ADHD. This study provides important insights into the challenges faced by children with ADHD and the strategies that can be implemented to help them reach their full potential in academic and social aspects.

 

Published
2025-04-11