PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMA NEGERI 1 TELUKJAMBE BARAT

  • Riska Lidiya
  • Nita Rohayati
  • Dery Kurniawan
Keywords: Dukungan Sosial, Teman Sebaya, School well-being, SMA

Abstract

Pendidikan sekolah menengah atas memiliki tantangan tersendiri pada siswa SMA Negeri 1 Telukjambe Barat, seperti beban akademis yang lebih tinggi, waktu yang lebih panjang, dan berbagai peraturan yang harus dijalankan. Pengalaman siswa di sekolah akan membentuk penilaian siswa terhadap sekolahnya, atau yang disebut school well-being. Beberapa penelitian menunjukkan dukungan sosial memiliki peran dalam beberapa dimensi dalam school well-being. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap school well- being pada siswa SMA Negeri 1 Telukjambe Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non- probability sampling dengan teknik sampel kuota sehingga 203 populasi siswa terdiri dari siswa kelas X dan XI menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan dua skala psikologi. Skala dukungan sosial teman sebaya dengan 15 aitem (α = 0.861) dan skala school well-being dengan 12 aitem (α = 0.818). Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0.000 (sig. <0.05) yang artinya terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap school well-being dengan nilai koefisien determinasi sebesar 28,6%. Penelitian ini menunjukkan semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka akan semakin tinggi pula school well-being siswa. School well-being berperan penting dalam menjamin pengalaman belajar siswa, sehingga hal ini menunjukkan bahwa school well-being perlu diberi perhatian khusus.

Senior high school education has its own challenges for students of SMA Negeri 1 Telukjambe Barat, such as a higher academic load, a longer time frame, and various regulations that must be followed. Students' experience at school will shape students' assessment of their school, or what is called school well-being. Several studies have shown that social support has a role in several dimensions of school well-being. This study aims to determine the effect of peer social support on school well-being in students of SMA Negeri 1 Telukjambe Barat. This study uses a quantitative approach. The sampling method used was non-probability sampling with a quota sampling technique so that the 203 student population consisting of students in class X and XI became the research subjects. This study uses two psychological scales. Peer social support scale with 15 items (α = 0.861) and school well-being scale with 12 items (α = 0.818). Data analysis using simple linear regression analysis showed a significant value of 0.000 (sig. <0.05), which means that there is an influence of peer social support on school well-being with a coefficient of determination of 28.6%. This research shows that the higher the peer social support, the higher the students' school well-being. School well-being plays an important role in ensuring student learning experiences, so this shows that school well-being needs to be given special attention.

Published
2024-08-29