STRATEGI KOPING DAN WORK LIFE BALANCE PADA MAHASISWA YANG BEKERJA

  • Naila El Hamra
  • Puti Archianti Widiasih
Keywords: Coping Strategies, Work Life Balance, Working students

Abstract

Tekanan untuk mendapatkan work life balance pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja merupakan suatu hal yang tidak mudah bagi mahasiswa, sehingga dibutuhkan upaya untuk mengurangi tekanan tersebut melalui strategi koping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi koping dapat mempengaruhi work life balance pada mahasiswa yang bekerja. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik non probability sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini mengambil sebanyak 229 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi Koping berpengaruh terhadap Work Life Balance pada mahasiswa yang bekerja. Besarnya pengaruh dari variabel Strategi Koping terhadap variabel Work Life Balance sebesar 0,085 atau 8,5% dan sebesar 91, 5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada dimensi Strategi Koping, besarnya pengaruh dari dimensi problem focused coping terhadap variabel Work Life Balance sebesar 0,095 atau 9,5% dan dimensi emotional focused coping berpengaruh terhadap variabel Work Life Balance sebesar 0,065 atau 6,5%. Selanjutnya, besarnya pengaruh dari dimensi dysfunctional focused coping terhadap variabel Work Life Balance sebesar 0,043 atau 4,3%.

The pressure to achieve work-life balance for students who study while working is something that is not easy for students, so efforts are needed to reduce this pressure through coping strategies. This research aims to find out whether coping strategies can influence work life balance in working students. The sampling method in this research was carried out using a non-probability sampling technique using purposive sampling. This research took 229 respondents. Data analysis in this study used a simple linear regression test technique. The results of this research obtained a significance value of 0.000 < 0.05, meaning that Ha was accepted and H0 was rejected, so it can be concluded that Coping Strategies have an effect on Work Life Balance in working students. The magnitude of the influence of the Coping Strategy variable on the Work Life Balance variable is 0.085 or 8.5% and 91.5% is influenced by other factors not examined in this research. In the Coping Strategy dimension, the magnitude of the influence of the problem focused coping dimension on the Work Life Balance variable is 0.095 or 9.5% and the emotional focused coping dimension has an influence on the Work Life Balance variable of 0.065 or 6.5%. Furthermore, the magnitude of the influence of the dysfunctional focused coping dimension on the Work Life Balance variable is 0.043 or 4.3%.

Published
2024-08-01