PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI BARU DI KARAWANG

  • Arfin Apriana
  • Nuram Mubina
  • Dinda Aisha
Keywords: Dukungan sosial, efikasi diri, penyesuain diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri pada santri baru di Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan skala yaitu Psychological Adjusment Scale (PAS) yang dikembangkan oleh Haber & Runyon (dalam Indrawati dan Fauziah, 2012) yang digunakan untuk mengukur variabel penyesuaian diri. The Multidimensional Scale of Perceived Sosial Suport (MSPPS) yang memiliki 12 item. Alat ukur ini dikembangkan oleh Zimet (dalam Winahyu et al, 2015) yang digunakan untuk mengukur variabel dukungan sosial. General Self-Efficacy Scale 12 (GSES-12) yang dikembangkan oleh Bosscher & Smit (1997) yang diguanakan untuk mengukur variabel efikasi diri. Sampel dalam penelitian ini berjumlah  100 orang, dan menggunakan teknik non probabilty sampling dengan desain penelitian convinience sampling. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikan dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri sebesar p = 0,000 < 0,050 dan nilai koefisien determinasi R Square 0,240 maka Ha1 terima H01 tolak artinya ada pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri santri baru di Karawang sebesar 24 %. Dukungan sosial terhadap penyesuaian diri menunjukan nilai signifikan sebesar p = 0,000 < 0,050 dan koefisien determinasi 0,170 maka Ha2 terima H02 tolak artinya ada pengaruh dukungan sosial terhadap penyesuaian diri santri baru di Karawang sebesar 17%. Efikasi diri terhadap penyesuaian diri mendapatkan nilai signifikan sebesar p=0,000 < 0,050 dan koefisien determinasi 0,101 maka Ha3 terima H03 tolak artinya ada pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri santri baru di Karawang sebesar 10,1%.

This study aims to determine the influence between social support and self-efficacy on self-adjustment in new students in Karawang Regency. This study uses quantitative methods and data collection techniques using the Psychological Adjusment Scale (PAS) developed by Haber & Runyon (in Indrawati and Fauziah, 2012) which is used to measure self-adjustment variables. The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPPS) which has 12 items. This measuring instrument was developed by Zimet (in Winahyu et al, 2015) which is used to measure social support variables. General Self-Efficacy Scale 12 (GSES-12) developed by Bosscher & Smit (1997) which is used to measure self-efficacy variables. The sample in this study amounted to 100 people, and used non-probabilty sampling techniques with desain convinience sampling. The results showed a significant value of social support and self-efficacy on self-adjustment of p = 0,000 <0,050 and the coefficient of determination R Square 0,240, Ha1 accept H01 reject, meaning that there is an influence of social support and self-efficacy on the self-adjustment of new students in Karawang by 24%. Social support on self-adjustment shows a significant value of p = 0,000 <0,050 and a coefficient of determination of 0,170, so Ha2 accepts H02 rejects, meaning that there is an effect of social support on the self-adjustment of new students in Karawang by 17%. Self-efficacy on self-adjustment gets a significant value of p = 0,000 <0,050 and a coefficient of determination of 0,101, so Ha3 accepts H03 rejects, meaning that there is an effect of self-efficacy on the self-adjustment of new students in Karawang by 10,1%.

Published
2024-08-01