PENGARUH HARGA DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN ADIKSI INTERNET PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 KARAWANG
Abstract
Adiksi internet merupakan keadaan dimana seseorang tidak dapat mengontrol dirinya untuk terus mengakses internet. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecenderungan adiksi internet, yaitu harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diri terhadap kecenderungan adiksi internet pada siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan convenience technique sampling. Sebanyak 292 siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Hasil penelitian nilai signifikan sebesar 0.000 atau p < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh harga diri terhadap kecenderungan adiksi internet pada siswa SMK Negeri 1 Karawang. Besaran pengaruh harga diri terhadap kecenderungan adiksi internet pada siswa SMK Negeri 1 Karawang adalah 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang belum diteliti.
Internet addiction is a condition where a person cannot control himself to continue accessing the internet. One of the factors that influence the tendency of internet addiction, namely self-esteem. This study aims to determine the effect of self-esteem on the tendency of internet addiction in students. The sampling method used is non-probability sampling with convenience technique sampling. A total of 292 students were the subject of the study. The data analysis technique used is a simple regression test. The results of the study show a significant value of 0.000 or p <0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is an influence of self-esteem on the tendency of internet addiction in students at SMK Negeri 1 Karawang. The magnitude of the influence of self-esteem on the tendency of internet addiction in students of SMK Negeri 1 Karawang is 8% meanwhile is influenced by other variables that have not been studied.

