PENGARUH KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI DI SMK BHINNEKA KARAWANG

  • Mahalisna Chairul Nisa
  • Wina Lova Riza
  • Nur’Ainy Sadijah
Keywords: Kemampuan Manajemen Waktu, Prokrastinasi Akademik, Siswa Kelas XI.

Abstract

Seorang siswa tidak terlepas dari aktivitas belajar dan keharusan untuk dapat menyelesaikan setiap tugas akademik. Namun pada kenyataannya banyak siswa tidak mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan oleh tenaga pendidik. Hal ini dikarenakan para siswa kesulitan menyisihkan sebagian waktunya untuk mengerjakan tugas. Bahkan banyak dari mereka tidak mengetahui kapan waktu yg tepat untuk mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik pada siswa XI di SMK Bhinneka Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Bhinneka Karawang yang berjumlah 298 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Kemudian berdasarkan rumus Slovin, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 171 siswa. Kemudian pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala manajemen waktu dan skala prokrastinasi akademik. Data penelitian ini kemudian dianalisis dengan regresi linear sederhana dengan hasil Sig. 0,000 ≤ 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian pada uji koefisien determinasi diperoleh hasil 0,313. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMK Bhinneka Karawang dengan kontribusi pengaruh manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik sebesar 31,3%.

A student is inseparable from learning activities and the necessity to be able to complete every academic task. But in reality, many students do not submit assignments according to the deadline set by the educators. This is because students have difficulty setting aside part of their time to do assignments. Even many of them do not know when is the right time to do the task. The purposaze of this study was to determine the influence of time management skills on academic procrastination in students XI of class XI at SMK Bhinneka Karawang. The population in this study were all students of class XI at SMK Bhinneka Karawang with a total of 298 students. The sample technique used in this study is accidental sampling. Then based on the Slovin formula, sample in this study were 171 students. Then data collection in this study was carried out using the time management scale and the academic procrastination scale. The research data was then analyzed using simple linear regression with the results of Sig. 0.000 ≤ 0.05 so that it can be stated that Ha is accepted and H0 is rejected. Then on the test of the coefficient of determination the result is 0,331. Then the conclusion is a negative effect of time management skills on academic procrastination in class XI students at SMK Bhinneka Karawang with a contribution of time management skill to academic procrastination of 31,3%.

Published
2023-12-01