PENGARUH FANATISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR BOYGROUP NCT DI KARAWANG

  • Cendana Ayu Fajria
  • Lania Muharsih
  • R. Yuwono Pratomo
Keywords: Fanatisme, Perilaku Konsumtif, Penggemar K-Pop, NCT

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boygroup NCT di Karawang. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kausal dan teknik quota sampling (nonprobability). Populasi dalam penelitian ini adalah penggemar boygroup NCT di Karawang sebanyak 250 orang yang bergabung dalam grup chat, dengan sampel sebanyak 146 orang berdasarkan tabel acuan Isaac & Michael (taraf kesalahan 5%). Data dikumpulkan menggunakan dua skala: skala fanatisme (14 aitem) dan skala perilaku konsumtif (43 aitem) dengan nilai reliabilitas skala fanatisme 0,867 dan skala perilaku konsumtif 0,975. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana, didapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, maka ada pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boygroup NCT di Karawang dan pengaruh yang disumbangkan variabel fanatisme terhadap perilaku konsumtif sebesar 34,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

The purpose of this study was to determine the effect of fanaticism on consumptive behavior among fans of the NCT boy group in Karawang. The research method used is quantitative method with causal research design and quota sampling technique (nonprobability). The population in this study were 250 fans of the NCT boy group in Karawang who joined the chat group, with a sample of 146 people based on Isaac & Michael’s reference table (5% error rate). Data was collected using two scales: fanaticism scale (14 items) and consumptive behavior scale (43 items) with a reliability value of 0.867 fanaticism scale and 0.975 of consumptive behavior scale. Data analysis in this study used a simple linear regression test, obtained a Sig. 0.000 <0.05, which means that Ha is accepted and H0 is rejected, so there is an influence of fanaticism on consumptive behavior of NCT boygroup fans in Karawang and the influence that the variable of fanaticism contributes to consumptive behavior is 34.4% and the rest is influenced by other factors.

Published
2023-12-01