Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri <div id="openAccessPolicy" align="justify"> <p>Industry Xplore adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri sebagai wadah pengembangan bidang ilmu teknik industri yang berisi hasil kajian dan penelitian Dosen, Peneliti serta Praktisi Industri. Industry Xplore terbit setahun sekali mulai tahun 2016 dan Semenjak tahun 2019 berubah menjadi 2 kali terbit dalam satu tahun</p> </div> en-US industry.xplore@ubpkarawang.ac.id (Ade Astuti Widi Rahayu) industry.xplore@ubpkarawang.ac.id (Industry Xplore) Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERANCANGAN MODEL ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MEMBANTU MENENTUKAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU PADA INDUSTRI FURNITUR DENGAN PENDEKATAN METODE FUZZY MAMDANI https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6054 <p><em>Perencanaan persedian dalam suatu industri manufaktur tentunya menjadi bagian yang cukup penting. Hal ini dikarenakan jika bahan baku tidak ada maka artinya proses produksi pada industri manufaktur akan terhambat atau mengalami kendala. Sedangkan jika jumlah ketersediaan bahan baku terlalu berlebihan maka akan menimbulkan biaya tambahan. Sehingga untuk dapat melakukan perencanaan persediaan yang sesuai kebutuhan khususnya pada industri manufaktur yang berupa industri furnitur yang bahan baku utamanya berupa kayu. Penelitian ini berusahan melakukan perencanaan persediaan yang optimal dengan menggunakan pendekatan Logika Fuzzy. Pendekatan Fuzzy yang diadopsi atau yang dimplementasikan dalam penelitian ini adalah berupa Metode Fuzzy Mamdani. Alasan dalam penelitian ini menggunakan Metode Fuzzy Mamdani untuk melakukan proses prediksi persediaan kayu pada industri furnitur karena memiliki struktur yang sederhana dan fleksibel. Dalam mekanisme proses perhitungan Metode Fuzzy Mamdani pada umumnya menggunakan konsep operasi yang berupa mekanismer perhitungan min-max ataupun dapat menggunakan mekanisme max-product &nbsp;dengan menggunakan serangkaian aturan yang telah ditentukan berdasarkan variabel yang digunakan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah tahun 2019, 2020, 2021, dan 2022. Dalam proses penyelesaian masalah yang berupa penentuan jumlah persediaan yang optimal adalah dengan menggunakan proses penyelesaian Metode Fuzzy Mamdani. Dari hasil perhitungan menggunakan metode Fuzzy Mamdani. Dengan menggunakan data pada bulan Januari 2022 yang berupa data permintaan yang mempunyai nilai 1711 kubik dan data produksi yang mempunyai nilai 1469 kubik, maka didapatkan hasil pengolahan data dengan Metode Fuzzy Mamdani untuk jumlah persediaan pada periode bulan Januari 2022 adalah senilai 208 kubik.</em></p> Dian Eko Hari Purnomo Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6054 Sun, 31 Mar 2024 00:06:32 +0700 ANALISIS CACAT KEMASAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PERUSAHAAN COKELAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6145 <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Competition in the free market era is increasing so companies need to continue to increase their production output to be able to compete. As chocolate producer, a company also needs to pay attention their quality of products to maintain its business. These production results include the packaging of the products. In this research, analysis was carried out using Six Sigma with the Define, Measure, Analyze, Improvement and Control (DMAIC) stages. Research was conducted on defects in the secondary packaging of chocolate for the production period 14 – 31 August 2023. There are three types of defects in the secondary packaging chocolate, namely torn, printed, and dirty. The Pareto diagram shows that the biggest potential failure is torn and print defects which reach 95% (more than 80%). Based on research on defects in secondary packaging of chocolate for the production period 14 – 31 August 2023, it is known that the percentage of defects is 2,13%, the DPO value is 0,00709088, the DPMO value is 7.090,88, and has a sigma level of 4, which means it is on average. industrial average in USA. The estimated loss that the company can avoid when the sigma value can be increased to 6-sigma is Rp1.376.000,00.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Defect; Six Sigma; DMAIC; Quality</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Persaingan era pasar bebas kian meningkat sehingga perusahaan perlu terus meningkatkan hasil produksinya agar mampu bersaing. Produsen cokelat tentu juga perlu memperhatikan hasil produksinya agar dapat mempertahankan bisnisnya. Hasil produksi tersebut termasuk kemasan dari produk yang dihasilkannya. Pada penelitian ini, dilakukan analisis menggunakan <em>Six Sigma </em>dengan tahapan <em>Define, Measure, Analyze, Improvement, </em>dan <em>Control</em> (DMAIC). Penelitian dilakukan pada kemasan sekunder cokelat periode produksi 14 – 31 Agustus 2023. Terdapat tiga jenis cacat yang ada pada kemasan sekunder cokelat, yaitu sobek, <em>print</em>, dan kotor. Diagram pareto menunjukkan bahwa potensi kegagalan terbesar adalah cacat sobek dan <em>print</em> yang mencapai 95% (melebihi 80%). Berdasarkan penelitian pada cacat kemasan sekunder cokelat periode produksi 14 – 31 Agustus 2023 diketahui bahwa persentase cacat sebesar 2,13%, nilai DPO 0,00709088, nilai DPMO sebesar 7.090,88, dan memiliki <em>level sigma</em>-4 yang artinya berada pada rata-rata industri di Amerika Serikat. Estimasi kerugian yang dapat dihindari perusahaan ketika nilai sigma dapat ditingkatkan menjadi 6-sigma adalah sebesar Rp1.376.000,00<em>. </em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Cacat: Six Sigma; DMAIC; Kualitas</em></p> Aisha Fara Azizah, Trio Yonathan Teja Kusuma Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6145 Sun, 31 Mar 2024 00:07:39 +0700 ANALISIS LOADING TIME HIKITORI MENGGUNAKAN METODE LINE OF BALANCING https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6179 <p><em>In this research, there is a problem about hikitori cycle process through the use of line balancing method, which is able to reduce long loading times become faster. The main objective of this research is to reduce hikitori loading time by using line of balancing, which will later produce new planning with more efficient process. The term hikitori is not common for all industries, but Japanese companies often use naming standards and work culture input in the industry. One of the industries originating from Japan is hikitori, namely vehicles that transport goods that will or have been processed. So that, &nbsp;going through the line balancing stage process makes the hikitori productivity system easier, which happens due to the preparation of the hikitori line with the addition of a new production line with a cycle time of 30 minutes, and the graphic visualization shows the problem where the waiting time becomes 89.5 minutes of the total MP, causing the total actual sigma CT is 323 minutes for a total of 10 MP. The research results show that there is a reduction in job balancing, thereby reducing time to 9 &nbsp;MP and waiting time also decreases to 9 MP or 22 minutes.</em></p> Syarah Rizkia Feriaty, Riyaldi Oktapiana, Tri Ngundi Wiyatno Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6179 Sun, 31 Mar 2024 00:09:46 +0700 ANALISIS KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA OPERATOR SOLDERING DI PT OMRON MANUFACTURING INDONESIA https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6240 <p><em>Sumber daya manusia merupakan kunci untuk menentukan perkembangan perusahaan. Masih banyak perusahaan dalam proses produksinya tidak didukung oleh metode yang standar dan ergonomis. PT Omron Manufacturing of Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang elektronik. S</em><em>alah satu proses produksi pada PT Omron Manufacturing of Indonesia adalah proses soldering. Masalah yang sering dihadapi oleh operator soldering adalah postur kerja yang tidak ergonomis terutama ketika operator harus menunduk untuk bekerja, karena proses pemasangan part dan proses penyolderan yang mengharuskan mata melihat ke bawah. Postur kerja operator yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs). Salah satu metode yang efektif untuk menganalisa keluhan MSDs adalah Nordic Body Map (NBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keluhan Muskuloskeletal Disorder (MSDs) pada operator soldering di PT Omron Manufacturing of Indonesia yang berjumlah 9 orang. Kuesioner NBM diberikan untuk mengevaluasi segmen tubuh dengan keluhan otot. Hasil analisis adalah 6 operator memiliki tingkat risiko “rendah”, sedangkan 3 operator memiliki tingkat risiko “Sedang”. Sebagian besar operator mengalami keluhan MSDs yang</em> <em>didominasi pada</em><em> area tangan-lengan, leher, bahu dan area kaki. Selanjutnya dilakukan analisa perbaikan dengan menggunakan Fishbone diagram untuk memberikan usulan perbaikan dari aspek metode, manusia, dan peralatan. </em></p> Rizki Amalia Pratiwi, M Fadli Perdana, Lina Maryam Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6240 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH AKTIVITAS INDUSTRI TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI KABUPATEN KARAWANG https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6486 <p><em>The Citarum River is one of the supports for daily life such as raw materials for clean water by PDAM, irrigation, toilets, water reservoirs, transportation, recreation, irrigation sources for agriculture, industry. These activities, especially industries that have recently developed very quickly, have unwittingly produced liquid and solid wastes that enter the Citarum watershed, so it is suspected that this river has been polluted. The research was carried out at 6 sampling points, namely: Point 1: Anggadita Village; Point 2: Pindodeli Area; Point 3: Telukjambe Bridge; Point 4: Unsika Area; Point 5: Karawang Square: and Point 6: Tanjungpura Purwadana Area. The time of observation is: August 2021-January 2022. This study aims to determine how much influence industrial activity has on river water quality based on the pollution index (Permen LH No.115 of 2003) with correlation and simple regression methods. The results of this study indicate that there is an influence of industrial activity on the decline in water quality of the Citarum River, Kab. Karawang by 95.6%.</em></p> Akda Zahrotul Wathoni, Nur Qalbi Faagna, Annisa Indah Pratiwi Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6486 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GYM DENGAN METODE SERVQUAL IPA DAN KAIZEN https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6260 <p><em>Currently, sports services are increasingly in demand by the public. Ray Gym is a service company engaged in this field. However, over the past several months, there have been ups and downs in the number of members at the gym due to the quality of service received by customers. The purpose of this study was to be able to determine the level of service quality affecting customer satisfaction at the gym and the priority attributes that need to be improved at Ray Gym in an effort to improve service quality. The sample size for this research is 91 respondents. The method used is servqual, and the IPA method is used to analyze each attribute's level of importance and identify parts to be repaired, and the kaizen method is used as a proposed improvement with the application of PDCA. Data collection was carried out using a questionnaire. The data analysis tool is assisted by IBM SPSS 25 software. The results of the study show that the average value of service quality (Q) is 0.957, which means that service quality is still unsatisfactory because it has a value of Q &lt; 1. In the results of the diagram, IPA Cartesian, several attributes need to be improved, namely attribute numbers Tangible 1, Empathy 1, and Assurance 3. In the results of Kaizen, solutions were found to improve attribute numbers, including Tangible 1, reliability 1, Responsiveness 1, Assurance 4, and Empathy 2.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em><em>Kaizen, Service Quality, Customer Satisfaction, Servqual, IPA</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Saat ini jasa pelayanan olahraga semakin diminati oleh masyarakat. Ray gym adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang tersebut. Namun beberapa bulan terjadinya naik turun jumlah anggota pada gym tersebut, dikarenakan kualitas pelayanan yang diterima oleh pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui tingkat kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di gym dan atribut prioritas yang perlu untuk diperbaiki pada Ray gym dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan. Sampel penelitian ini sebanyak 91 responden. Metode yang dipergunakan yaitu servqual dan metode ipa digunakan sebagai untuk menganalisis setiap atribut-atribut tingkat kepentingan dan mengidentifikasi bagian yang diperbaiki, dan metode kaizen digunakan sebagai usulan perbaikan dengan penerapan PDCA. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kusioner. Alat data analisis dibantu oleh perangkat software IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai dari rata-rata kualitas pelayanan (Q) sebesar 0,957 yang artinya kualitas pelayanan masih kurang memuaskan karena memiliki nilai Q&lt;1. Pada hasil diagram, kartesius IPA terdapat beberapa atribut yang perlu dilakukan perbaiki yaitu atribut nomor Tangible 1, Emphaty 1 dan Assurance 3. Pada hasil melalui kaizen ditemukan solusi perbaikan pada atribut nomor diantaranya: Tangible 1, Reability 1, Responsiveness 1, Assurance 4 dan Empathy 2.</p> <p><em>Kata Kunci: Kaizen, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Servqual, IPA</em></p> Ade Suhara, Suryadi Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6260 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0700 QUALITY IMPROVEMENT INJECTION PART OF SET TOP BOX (STB) USING SIX SIGMA METHOD IN ELECTRONIC COMPANY https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6229 <p><em>The company pays full attention to product quality. Electronic companies that produce set-top box (STB) products, carry out their business activities implementing a production quality control system, but in reality there is still poor product quality, for this reason the research aims to reduce existing injection part production defects using the six sigma method. There are 5 (five) types of problems as CTQ (critical to quality) that must be improved so that the problem of injection part defects in set-top boxes (STB) can decrease by 50% or 350 ppm (4.89σ) company target. The sigma level of defective injection part products from January to December 2022 is 4.69σ. Analysis and Improvement of all factors causing the occurrence of defective injection part products. The results can make the number of Injection part defects from January to June 2023 reduced to 1,078 units from the total STB production of 3,645,241 units. After the calculation, it is known that the sigma level of defect injection products after improvement is 4.93σ. The improvement sigma level has passed the sigma level target of 4.89σ set by the company. This proves that the improvement has been successful and has an impact on part defect injection</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: six sigma; DMAIC; quality improvement; defects; injection part </em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Perusahaan memberikan perhatian penuh terhadap kualitas produk. Perusahaan elektronik yang memproduksi produk set-top box (STB), menjalankan kegiatan usahanya menerapkan sistem pengendalian kualitas produksi, namun kenyataannya masih ditemukan kualitas produk yang kurang baik, untuk itu penelitian bertujuan mengurangi cacat produksi injection part yang ada menggunakan metode six sigma. Ditemukan ada 5 (lima) jenis masalah sebagai CTQ (critical to quality) yang harus perbaikan agar masalah defect injection part pada set-top box (STB) dapat turun 50% atau 350 ppm (4,89σ) target perusahaan. Tingkat sigma produk defect injection part dari bulan Januari hingga Desember 2022 adalah 4,69σ. Analisis dan Perbaikan terhadap seluruh faktor penyebab terjadinya produk defect injection part. Hasilnya dapat membuat jumlah defect Injection part dari bulan Januari sampai dengan Juni 2023 berkurang menjadi 1.078 unit dari total produksi STB sebesar 3.645.241 unit. Setelah dilakukan perhitungan diketahui bahwa level sigma produk defect injection setelah dilakukan perbaikan adalah 4.93σ. Level sigma improvement tersebut telah melewati target level sigma 4.89σ yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa improvement telah berhasil dan membawa dampak pada part defect injection. </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: enam sigma; DMAIC; peningkatan kualitas; cacat; bagian injeksi</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Dendhy Indra Wijaya, Ade Astuti Widi Rahayu Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6229 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0700 ANALYSIS ON DISCREPANCY CONDUCTIVITY DATA MEASUREMENT AMONG ONLINE ANALYZER AND LABORATORY https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6484 <p><em>XYZ.Co.Ltd as one Oil and Gas Company where on need steam which produced by Boiler to support of production system operational , Conductivity of Boiler Feed Water (BFW) which generated by Mix Bed Filter (MBF) have been controlling by Online Analyzer and Laboratory. Beginning from 01 April 2017 has happened data discrepancy between Online Data Result against Laboratory Result</em><em>.</em> <em>Gap Analysis have done to determine of Desire Situation / Goal, and Goal of Research is mitigate of difference conductivity value which resulted by Online Analyzer against Laboratory. Then, Root Cause Analysis us</em><em>es </em><em>&nbsp;Ishikawa Diagram to observe root cause of the problem with several action plans to do</em><em>. </em><em>Ishikawa Diagram analysis uses to </em><em>Root Cause Analysis resulted 1 (one) Non-Conformity has fou</em><em>n</em><em>d in Machine Factor is Three Level Calibration of Conductivity Meter in Online Analyzer, because after did Chi-Square test to hypothesize of data which </em><em>is generated </em><em>&nbsp;of X2calc &gt; X2crit as rejected and </em><em>t</em><em>his Root Cause Analysis result has reported to Online Analyzer Section to do some Corrective Action</em><em> then after Corrective action there is no discrepancy data’s anymore.</em></p> <p><em>&nbsp;</em><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Conductivity; Online Analyzer; Laboratory; Ishikawa</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>XYZ.Co.Ltd sebagai salah satu Perusahaan Migas yang membutuhkan steam yang dihasilkan oleh Boiler untuk menunjang operasional sistem produksi, Konduktivitas </em><em>Boiler </em><em>Feed Water</em><em> (BFW) yang dihasilkan oleh Mix Bed Filter (MBF) telah dikontrol oleh Online Analyzer dan Laboratorium. Mulai tanggal 01 April 2017 telah terjadi ketidaksesuaian data antara Hasil Data Online dengan Hasil Laboratorium. Gap Analysis dilakukan untuk menentukan Situasi/Tujuan yang Diinginkan, dan Tujuan Penelitian adalah memitigasi perbedaan nilai konduktivitas yang dihasilkan oleh Online Analyzer terhadap Laboratorium. Kemudian dilakukan Root Cause Analysis menggunakan Diagram Ishikawa untuk mengetahui akar permasalahan dan beberapa rencana tindakan yang harus dilakukan. </em><em>Diagram Ishikawayang digunakan &nbsp;</em><em>Root Cause Analysis menghasilkan 1 (satu) Non-Conformity yang ditemukan pada Faktor Mesin yaitu Kalibrasi Tiga Tingkat Conductivity Meter pada Online Analyzer, karena setelah dilakukan uji Chi-Square untuk menghipotesiskan data yang menghasilkan </em><em>X2calc &gt; X2crit </em><em>&nbsp;</em><em>ditolak dan </em><em>hasil </em><em>Root</em><em>t</em><em>Cause </em><em>Analysis </em><em>dilaporkan </em><em>untuk dilakukan tindakan perbaikan pada online analyzer dan setelah dilakukan perbaikan maka perbedaan hasil pengukuran tidak terjadi lagi.</em></p> <p><em>&nbsp;</em><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Konduktivitas; Online Analyzer; Laboratorium; Ishikawa</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Rahmat Sabani, Dendhy Indra Wijaya Copyright (c) 2024 Industry Xplore https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/6484 Sun, 31 Mar 2024 00:00:00 +0700