Main Article Content

Abstract

Banyaknya data yang harus diinput ke dalam P-Care membuat para relawan harus bekerja secara cepat dengan kondisi tubuh mereka yang tidak nyaman karena jarak dari kursi ke meja laptop yang berjauhan. Studi ini bertujuan untuk mengkaji masalah yang terjadi kepada para relawan, penilaian kerja yang dilakukan berdasarkan prinsip biomekanika dengan pendekatan RULA. Berdasarkan perhitungan menggunakan pendekatan RULA didapatkan bahwa sikap kerja operator pada saat melakukan penginputan data masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi ke dalam P-Care, semuanya memiliki nilai total 6 dan dikategorikan ke dalam level 3 atau memiliki level resiko sedang, sehingga tindakan dalam waktu dekat tersebut diperlukan. Berdasarkan analisis metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dapat hasil bahwa penyebab mudah pegal dan lelahnya relawan IT vaksinasi adalah posisi kerja mereka yang membungkuk dalam waktu yang lama secara konsisten dan bagian tangan selalu bergerak dengan waktu yang relatif cepat sehingga membuat tingkat konsentrasi relawan pun menurun dan data yang di input menjadi salah.


 

Keywords

RULA; relawan IT; postur kerja

Article Details

References

  1. Burmawi, N. H. (2015). Analisis Postur Tubuh Ibu Menyusui Dalam Posisi Duduk Menggunakan Rapid Upper Limb Assesment Kelurahan Pisangan Tahun 2014. Universitas Islam Negeri Hidayatullah.
  2. Gaol, M. J. L., Camelia, A., & Rahmiwati, A. (2018). Analisis Faktor Risiko Kelelahan Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi Pt. Arwana Anugrah Keramik, Tbk. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1).
  3. Lasmita, Y., Misnaniarti, & Idris, H. (2021). Analisis Penerimaan Vaksinasi Covid-19 Di Kalangan Masyarakat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa, 9, 195–204.
  4. Oesman, T. I., Irawan, E., & Wisnubroto, P. (2019). Analisis Postur Kerja Dengan Rula Guna Penilaian Tingkat Risiko Upper Extremity Work-Related Musculoskeletal Disorders. Studi Kasus Pt. Mandiri Jogja Internasional. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal Of Ergonomic), 5(1), 39.
  5. Purbasari, A., Anna Haulian Siboro, B., Kepulauan Batam Jl Batu Aji Baru, R., & Riau, K. (2018). Analisis Sikap Kerja Terhadap Faktor Risiko Ergonomi Pada Kerja Assembly Manual (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri Universitas Riau Kepulauan). 6(1).
  6. Purbasari, A., Azista, M., Anna, B., & Siboro, H. (2019). Analisis Postur Kerja Secara Ergonomi Pada Operator Pencetakan Pilar Yang Menimbulkan Risiko Musculoskeletal. Sigma Teknika, 2(2), 143–150.
  7. Rahdiana, N. (2019). Ergonomi Analisis Perancangan Kerja. Ftik Ubp Karawang.
  8. Sanjaya, K. T., & Dwi Vidyantoro, A. (2019). Analisa Perbaikan Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Owas (Ovako Working Analysis System) Dengan Perancangan Fasilitas Di Bagian Penyortiran Batu Gamping Pt. Timbul Persada. 2(2), 104–114.
  9. Sulaiman, F., & Purnama Sari, Y. (2018). Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengeasahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode Reba.
  10. Wijaya, I. S. A., & Muhsin, A. (2018). Analisa Postur Kerja Dengan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) Pada Oparator Mesin Extruder Di Stasiun Kerja Extruding Pada Pt Xyz (Vol. 11, Issue 1).