Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Lingkungan kerja dalam suatu perusahaan sangat penting untuk diperhatikan manajemennya. Meskipun lingkungan kerja tidak secara langsung terlibat dalam pelaksanaan proses produksi di suatu perusahaan, namun lingkungan kerja mempunyai boleh jadi mempengaruhi para karyawan dalam melakukan proses produksi tersebut.

UKM Kerupuk ini masih mengalami banyak permasalahan, salah satunya ,mengenai aspek lingkungan kerja yang meliputi kondisi bangunan dan fasilitasnya, peralatan produksi, dan kebersihan karyawan dalam proses produksinya yang berdampak pada kualitas produk kerupuk udang tersebut. Pada ruang produksi UKM tersebut penerangannya agak redup, suhu di ruang produksi agak panas sehingga mengganggu kenyamanan karyawan dalam bekerja.

Penelitian dilakukan dengan mengambil variable kondisi lingkungan kerja yang terdiri dari kondisi bangunan dan fasilitasnya, peralatan produksi, dan hygiene karyawan IKM Kerupuk di Kabupaten Indramayu apakah ada pengaruh terhadap kualitas produk. Dari hasil perhitungan derajat pengaruh variabel X (lingkungan kerja) terhadap variabel Y (kualitas produk) diperoleh nilai r = 0,23, sehingga dapat dikatakan lingkungan kerja memiliki hubungan korelasi positif lemah. Koefisien determinasi (r2) = 0,05, dan uji signifikasi koefisien korelasi (t) = 0,47, karena nilai uji signifikasi (t) tidak sama dengan nol, maka dapat dikatakan bahwa lingkungan kerja mempunyai hubungan erat dalam kualitas produk IKM Kerupuk Udang.

Kata Kunci : Lingkungan kerja, Proses produksi, Kualitas

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. 1. Pedoman Badan Pengawasan Obat dan Makanan. 2002. Jakarta : BPOM 2. Cheng, B., Furtado, A., Smyth, H. E., & Henry, R. J. 2016. Influence of genotype and environment on coffee quality. Trends in Food Science & Technology, 57, 2030. 3. Dwiari, S. R. dkk. 2008. Teknologi Pangan Jilid, 1. Jakarta: Gramedia. 4. Sedarmayanti, M., & Pd, M. 2001.Sumber daya manusia dan produktivitas kerja. Bandung: Mandar maju. 5. Purwiyatno & Ratih. 2009. Future of Food Factors. Proceeding of Indonesian Association of Food Technologist. International Conference. SEAFAST CENTER ITB. 6. Sirola, N., & Pitesa, M. 2018. The macroeconomic environment and the psychology of work evaluation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 144, 11-24.