PENENTUAN KEBUTUHAN PERSEDIAAN OBAT GENERIK DENGAN METODE MATERIAL REQUIRMENT PLANING DAN MODEL OPTIMASI PADA LOGISTIK FARMASI DI RUMAH SAKIT DELIMA ASIH KARAWANG

  • Aminah Haddadde UII
  • Muhamad Sayuti universitas buana perjuangan karawang
  • Muhamad Sayuti universitas buana perjuangan karawang
  • Dicky Suryapranatha
  • Karya Hidayat
Keywords: manajemen logistik farmasi, materil requirements planning, mixed integer linear progreming, obat, persediaan.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh manajemen logistik farmasi terhadap pengelolaan persediaan obat di rumah sakit untuk mengoptimalkan perencanaan dan persediaan obat di rumah sakit.. Salah satu strategi untuk memperolehnya adalah dengan merencanakan keputusan yang efisien mengenai kuantitas obat yang dipesan dan waktu pemesanan dapat mencapai total biaya seminimal mungkin dalam pengelolaan persediaan obat dan terpenuhinya permintaan obat dari pasien. Rumah sakit penting melakukan pengelolaan persediaan obat karena sifat obat pada penelitian ini yang sering digunakan maka persediaan harus terkontrol untuk menghindari kehabisan obat atau stockout. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Material Requirement Planning (MRP) untuk mengetahui permintaan persediaan obat generik model optimasi dengan Mixed Integer Linear Programming (MILP) dan Analisis Sensitivitas. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen logistik farmasi di RS delima asih karawang masih terjadi kekurangan obat sehingga pihak rumah sakit mengambil tindakan dalam pembelian obat secara urgensi ke pihak-3 dengan biaya lebih besar. Pengendalian persediaan obat di RS delima asih belum memenuhi kebutuhan persediaan obat dengan dilihat dari 10 obat generik yang diteliti dan 3 diantaranya mengalami kehabisan yaitu Ethambutol 500 Mg (-827 pcs), Pyrazinamide 500 Mg (-513 pcs), Simvastatin 20 Mg (-141 pcs), dan sisianya mengalami stagnan. Motode MRP dan model optimasi menjadi salah satu usulan dalam pengendalian persediaan dimana hasil dari peritungan keduanya telah memenuhi kebutuhan persediaan obat di RS delima asih karawang.

References

Febriawati, H. 2013. Manajemen Logistik Farmasi Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Fernando, A., & Najid, N. (2019). Pilihan Pengendalian Penggunaan Mobil Pribadi dengan Strategi Parkir, ERP dan Transjakarta di Jalan Raya Serpong. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 2(2), 45-54.
Hakim, I. M., Sari, G. P., & Ardina, A. E. (2019, December). Development mathematics model production planning of urea fertilizer to minimize production cost with mixed integer linear programming (MILP). In AIP Conference Proceedings (Vol. 2194, No. 1, p. 020036). AIP Publishing LLC.
Hakim, I. M., & Ulfah, W. M. (2019). Model Development to Determine Optimal Drugs Inventory in Indonesia Public Health Services. In Proceedings of the 2019 5th International Conference on Industrial and Business Engineering (pp. 28-32).
Martono, R., 2015. Manajemen Logitik Integrasi. Jakarta. PPM Manajemen.
Pinna, R., Carrus, P. P., & Marras, F., 2015. The drug logistics process an innovative experience. Journal of TQM (27): 214 – 230.
Published
2021-09-16