Main Article Content
Abstract
Website telah menjadi kebutuhan penting di berbagai sektor, termasuk pemerintahan. Salah satu contoh penerapannya adalah Bravo PUPR, sebuah website internal yang digunakan oleh Kementerian PUPR. Website ini memudahkan pegawai untuk melakukan peresensi, monitoring, memperoleh informasi, dan keperluan lain terkait kepegawaian. Namun, berdasarkan observasi awal, website Bravo PUPR masih memiliki beberapa kekurangan, seperti tampilan yang kurang responsif di layar smartphone, tata letak konten yang kurang rapi, informasi yang disajikan belum optimal, serta desain yang kurang menarik. Penelitian ini mengukur kualitas website Bravo PUPR menggunakan metode webqual 4.0, dan analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Relevansi model regresi keseluruhan dievaluasi dengan menggunakan uji F, sedangkan uji t untuk menguji signifikansi variabel independen. Data penelitian berasal dari angket yang disebarkan kepada 100 pegawai di Kementerian PUPR. Kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan mempengaruhi kepuasan penggun, menurut temuan analisis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketiga dimensi Webqual 4.0 secara bersamaan mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 53,8%. Secara individual, variabel kegunaan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, variabel kualitas informasi tidak berpengaruh, dan variabel kualitas interaksi layanan memiliki pengaruh sangat posisit terhadap kepuasan pengguna
Keywords
Article Details
References
- [1] Andiputra, “ANALISIS USABILITY MENGGUNAKAN METODE WEBUSE PADA WEBSITE KITABISA.COM,” Bus. Manag. J., vol. 16, pp. 11–15, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.30813/bmj.v16i1.2051.
- [2] M. Ula, “Evaluasi Kinerja Software Web Penetration Testing,” TECHSI - J. Tek. Inform., vol. 11, no. 3, p. 336, 2019, doi: 10.29103/techsi.v11i3.1996.
- [3] Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, “Tugas dan Fungsi Kementerian PUPR.” Accessed: Apr. 11, 2024. [Online]. Available: https://pu.go.id/page/Tugas-dan-Fungsi
- [4] Y. Suharto and E. Hariadi, “Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Manaj. dan Organ., vol. 12, no. 2, pp. 109–121, 2021, doi: 10.29244/jmo.v12i2.33917.
- [5] A. Ishaq, T. Sukendar, M. ikhsan Saputro, and A. Sumbaryadi, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Maxserver Pengguna Pada PT . MCS,” vol. 7, no. 2, pp. 110–115, 2021.
- [6] A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, and M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Perspekt., vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2020, doi: 10.31294/jp.v18i1.7413.
- [7] M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.
- [8] O. dan T. L. Biro Kepegawaian, “Neraca Kepegawaian.” [Online]. Available: https://data.pu.go.id/visualisasi/neraca-kepegawaian
- [9] E. Rosita, W. Hidayat, and W. Yuliani, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, p. 279, 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.
- [10] G. Mardiatmoko, “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi LinierBerganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan AllometrikKenari Muda [Canarium Indicum L.]),” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 3, pp. 333–342, 2020.
- [11] Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2014.