ANALISIS WEBSITE BRAVO PUPR MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0

Authors

  • Billyam
  • Richky Faizal Amir Universtias Bina Sarana Informatika
  • Eko Pramono Universitas Bina Sarana Informatika
  • Andreyestha Andreyestha Univesitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.36805/technoxplore.v9i2.7996

Keywords:

Webqual 4.0, Bravo PUPR, Website

Abstract

Website telah menjadi kebutuhan penting di berbagai sektor, termasuk pemerintahan. Salah satu contoh penerapannya adalah Bravo PUPR, sebuah website internal yang digunakan oleh Kementerian PUPR. Website ini memudahkan pegawai untuk melakukan peresensi, monitoring, memperoleh informasi, dan keperluan lain terkait kepegawaian. Namun, berdasarkan observasi awal, website Bravo PUPR masih memiliki beberapa kekurangan, seperti tampilan yang kurang responsif di layar smartphone, tata letak konten yang kurang rapi, informasi yang disajikan belum optimal, serta desain yang kurang menarik. Penelitian ini mengukur kualitas website Bravo PUPR menggunakan metode webqual 4.0, dan analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Relevansi model regresi keseluruhan dievaluasi dengan menggunakan uji F, sedangkan uji t untuk menguji signifikansi variabel independen. Data penelitian berasal dari angket yang disebarkan kepada 100 pegawai di Kementerian PUPR. Kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan mempengaruhi kepuasan penggun, menurut temuan analisis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketiga dimensi Webqual 4.0 secara bersamaan mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 53,8%. Secara individual, variabel kegunaan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, variabel kualitas informasi tidak berpengaruh, dan variabel kualitas interaksi layanan memiliki pengaruh sangat posisit terhadap kepuasan pengguna

Downloads

Published

2024-10-31