Main Article Content

Abstract

ABSTRAK Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak ke masa dewasa. Pada periode ini anak mencapai kematangan fisik dan diharapkan pula disertai dengan kematangan emosi dan perkembangan sosialnya. Masa ini berlangsung dari usia sekitar 12/ 13 tahun sampai 18-20 tahun yaitu usia sekolah menengah. Saat ini masih banyak para remaja yang belum mengetahui bagaimana jati diri atau identitas yang tepat bagi mereka. Tak terkecuali para pihak guru di sekolah yang memiliki hambatan dalam hal memahami karakteristik kecerdasan (minat dan bakat), terutama biaya yang harus dikeluarkan apabila harus mengikuti tes psikologi kecerdasan (minat dan bakat). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi pelajar dan guru dalam memfokuskan kegiatan belajar baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah berdasarkan hasil rekomendasi sistem pakar identifikasi minat dan bakat pelajar. Beberapa algoritma kecerdasan buatan dikembangkan, salah satunya adalah metode Forward Chaining dan Fuzzy Mamdani dalam menerjemahkan pengetahuan pakar dalam bentuk aturan-aturan berdasarkan hasil uji yang sudah diolah dan telah dianalisis. Berdasarkan hasil kuesioner metode Technology Accaptance Model (TAM) sebanyak 50 siswa kelas 3 di SMP-IT ATTAQWA. Dengan hasil pengujian dimana PU dan PE berpengaruh terhadap BU sebesar 56,2% artinya persepsi sikap menggunakan aplikasi sistem pakar identifikasi kecerdasan (minat dan bakat) ini berpengaruh positif terhadap penerimaan aplikasi sistem pakar identifikasi kecerdasan (minat dan bakat) Kata Kunci : Fuzzy Logic, Forward Chaining , Sistem Pakar, Kecerdasan (Bakat dan Minat)

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA Agustin, Mubiar dan Syaodih, Ernawulan 2008. Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka Ahmad, H. 2014. Sistem Pakar penentuan jenis Ekstrakulikuler siswa dengan Metode Forward Chaining di SDN Bandung Rejosari 1 Sukun Malang. Andik, A. & Haryanto. 2015. Pengembangan Tes Minat dan Bakat dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) untuk memprediksi Potensi siswa bidang Robotika. Jurnal Pendidikan Vokasi – 273 Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offset. Dwi Prasetyo, D. 2005. Brezovan, M. dan Badica, C. 2015. Event-B 
Modeling of a Rule Base for an Expert System Using Forward Chaining. Proceedings of the 7th Balkan Conference on Informatics Conference ACM. Hal. 7 
 Budi Sutedjo, Dharma Oetomo. 2005. Perencanaan Dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi. Chuttur, M. 2009. Overview of The Technology Acceptance Model: Origins, Developments and Future Directions. Sprouts, Working Papers on Information Systems, 9(37). Derist, T., Erick, F., Panda, P., Hetty, R.A. 2014. Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Jantung dengan Metode Fuzzy Set. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), ISSN 1907-5022 Yogyakarta,21 Juni 2014 Durkin, John. 1994. Expert Systems Design and Development. Prentice Hall. Febi, N.S, Leony, L., 2015. Sarjon, D. Sistem Pakar Penentuan Bakat Anak dengan menggunakan Metode Forward Chaining, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 1, No. 1, Februari 2015 Gregorius, S.B., Alexander, S., Henry, O., Prototype Sistem Pakar Untuk mendeteksi penyakit umum menggunakan gabungan Metode Fuzzy dan Non Fuzzy. Universitas Kristen Petra Juliasari. 2006. Design Modeling Berorientasi Objek. Menggunakan UML dan Rational Rose. Bandung: Informatika. Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu. Yogyakarta Kusumadewi, Sri dan Hari Purnomo. 2004. Aplikasi logika fuzzy untuk pendukung keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu. Lee, C., & Wan, G. 2010. Including Subjective Norm and Technology Trust in the Technology Acceptance Model: A Case of E-Ticketing in China. The Data Base for Advances In Information Systems, 41(2), pp: 40-51. Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: KENCANA Lucy, Bunda. 2010. Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak (Painting Your Children’s Future). Jakarta: PT. Tangga Pustaka. 
 Merry, C.S.A., Januar, W., Julianto, L., 2015 Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat anak Umur 5-10 Tahun Mohamad, S. N. dan Hashim, A. B. 2015. Forward-Chaining Approach to Expert System for Machine Maintenance. Proceedings of Mechanical Engineering Research Day 2015. MERD'15, 2015. Hal. 79-80. Mohd, et.al. 2011. Extending the Technology Acceptance Model to Account for Social Influence, Trust and Integration for Pervasive Computing Environment: A Case Study in University Industry. American Journal of Economics and Business Administration, 3(3), pp: 552-559. Rika Rosnelly. (2003). “Sistem Pakar Konsep dan Teori”. Yogyakarta : Penerbit Andi. Sanjaya, I. 2005. Pengaruh Rasa Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku (Behavioral Intention) Para Mahasiswa Dan Mahasiswi Dalam Penggunaan Internet. Kinerj, 9(2), pp: 113-122. S. J. Russell dan P. Norvig, Artificial Intelligence : A Modern Approach, 2nd penyunt., United States of America: Prentice-Hall, 2003. Suyadi, 2014. PENDIDIKAN DASAR-ILMU PENGETAHUAN ALAM. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2014 Tantri, W. 2016. Sistem Pakar untuk mengidentifikasi masalah Psikologi remaja menggunakan metode Inferensi Forward Chaining berbasis Android Jurnal J-Ensitec: Vol 02|No. 02, Mei 2016 Naidu. An ElGamal Encryption of Finite State Machines and points on the Elliptic Curve. GITAM University, Visakhapatnam, INDIA . IJTPC, Vol. 9, July 2015. Murari Mandal, Gaurav Sharma, Suman Bala, Anil K Verma. Feasibility of Public Key Cryptography in Wireless Sensor Networks Thapar University, Patiala-147004, India . IJTPC, Vol. 7, December 2014.