Proses Peer Review

Proses peer review adalah elemen penting dari tahapan publikasi. Semua manuskrip yang dikirim ke Jurnal TechnoXplore akan menjalani tinjauan sejawat yang luas oleh Anggota Dewan Editorial TechnoXplore dan ulasan buta (Blind Review) oleh sekurang-kurangnya dua (2) pengulas. Alur kerja editorial yang ada pada jurnal TechnoXplore ditampilkan pada gambar di atas dan penjelasannya sebagai berikut:

Evaluasi Awal

Setelah naskah diterima, tim editor akan melakukan pemeriksaan plagiarisme dan menyaring naskah untuk memutuskan apakah harus dikirim untuk ditinjau lebih lanjut. Oleh karena itu sangat penting bagi penulis untuk memastikan bahwa naskah telah ditulis dengan baik dan berkualitas tinggi. Selama penyaringan awal, pihak editor akan memeriksa hal-hal berikut:

  • Apakah naskahnya sesuai dengan ruang lingkup jurnal?
  • Apakah isi naskah cukup baik untuk membuatnya layak ditinjau?
  • Apakah naskahnya sesuai dengan Instruksi jurnal untuk Penulis?
  • Apakah naskah sudah dikirim atau diterbitkan di tempat lain?
  • Jika naskah gagal memenuhi persyaratan jurnal, segera ditolak.

 

Peer Review

Setelah naskah selesai dan lolos pada tahap awal, naskah-naskah tersebut akan ditinjau oleh Pemimpin Redaksi. Selanjutnya, Pemimpin Redaksi akan memberikan naskah ke Editor Penanganan untuk mengirimkan naskah ke minimal dua (2) pengulas untuk peer review. Peninjau menyerahkan hasil evaluasi beserta rekomendasi mereka sebagai salah satu tindakan berikut:

  • Menerima
  • Revisi minor
  • Revisi utama
  • Tolak & Kirim Ulang
  • Menolak

TechnoXplore menerapkan proses peer-review blinded di mana pengulas mengetahui siapa penulis naskah, tetapi penulis tidak memiliki akses ke informasi tentang siapa peer reviewer. TechnoXplore berusaha sebaik mungkin untuk mematuhi pedoman yang ditetapkan oleh Komite Etika Publikasi (Committee on Publication Ethics - COPE).

 

Keputusan terakhir

Agar editor penanganan dapat memberikan rekomendasi mengenai naskah, setidaknya diperlukan dua tinjauan yang lengkap. Setelah pengulas mengirimkan komentar mereka, editor yang menangani akan diberi tahu. Editor penanganan kemudian akan mengirim rekomendasi mereka ke Pemimpin Redaksi. Selanjutnya, Pemimpin Redaksi menyampaikan dan memberi tahu penulis tentang keputusan akhir.

Jika naskah diterima secara kondisional, penulis akan diminta untuk merevisi naskah mereka sesuai dengan saran Editor dan menyerahkan versi revisi naskah mereka untuk evaluasi lebih lanjut.

Alur Kerja Editorial TechnoXplore memungkinkan editor untuk menolak manuskrip karena sejumlah alasan termasuk ketidaksesuaian subjek, kurangnya kualitas, atau kesalahan hasil.