EFEKTIFITAS FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK SPEECH DELAY

Authors

  • Epifania M. Ladapase

DOI:

https://doi.org/10.36805/psychopedia.v7i1.2368

Abstract

This study aims to improve the speaking ability of speech delay children by using
flash card media. This research is a classroom action research with 4 stages, namely planning,
implementing action, observing and reflecting. The research was carried out by providing action
in two cycles. The research subject is a 4-year-old boy in Maumere Kindergarten/Paud Children
with Special Needs who has speech delay. Data collection techniques using performance tests
and observation. Data analysis used quantitative descriptive analysis. The results showed that the
flash card media was effective in improving the speaking ability of speech delay children. The
ability to speak which consists of clarity of articulation, fluency of speech, choice of words and
making simple sentences increased by 27.5%.
Keywords: Flashcard, speaking ability, speech delay

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak speech
delay dengan menggunakan media flash card. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
dengan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan dengan memberikan tindakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak lakilaki berusia 4 tahun di TK/Paud Anak Berkebutuhan Khusus “Karya Ilahi” Maumere yang
mengalami speech delay. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja serta
observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media flash card efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak
speech delay. Kemampuan berbicara yang terdiri dari kejelasan artikulasi, kelancaran berbicara,
pilihan kata dan membuat kalimat sederhana meningkat sebesar 27.5%.
Kata Kunci: Flashcard, kemampuan berbicara, speech delay

Downloads

Published

2022-06-13