DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL

Authors

  • Fitri Yuni
  • Lena Marianti
  • Jovita Junia
  • Lira Pirna
  • Ria Susanti

DOI:

https://doi.org/10.36805/psychopedia.v10i1.10474

Keywords:

Parenting, children, digital era, education, mental health.

Abstract

Parental parenting has a significant impact on children's development, especially in the digital era marked by advances in information technology. This study aims to analyze the influence of parenting on children's education in the context of the use of digital technology. The research method used is literature (library research), by analyzing 15 references consisting of 10 national references and 5 international references. The results of the study indicate that responsive and actively involved parenting can improve children's digital skills, creativity, and mental health. Conversely, permissive or authoritarian parenting has the potential to cause dependence on technology and mental health problems. This study emphasizes the importance of a balanced approach to parenting to support children's development in the digital era, as well as the need for education for parents regarding the wise use of technology. By understanding the impact of parenting, parents can be more effective in educating their children in an environment that is increasingly influenced by technology.

Pola asuh orang tua memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan anak, terutama di era digital yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola asuh terhadap pendidikan anak dalam konteks penggunaan teknologi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur (library research), dengan menganalisis 15 referensi yang terdiri dari 10 referensi nasional dan 5 referensi internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang responsif dan terlibat secara aktif dapat meningkatkan keterampilan digital, kreativitas, dan kesehatan mental anak. Sebaliknya, pola asuh yang permisif atau otoriter berpotensi menyebabkan ketergantungan pada teknologi dan masalah kesehatan mental. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan seimbang dalam pola asuh untuk mendukung perkembangan anak di era digital, serta perlunya edukasi bagi orang tua mengenai penggunaan teknologi yang bijak. Dengan memahami dampak pola asuh, orang tua dapat lebih efektif dalam mendidik anak-anak mereka di lingkungan yang semakin dipengaruhi oleh teknologi.

References

Amin, Adam Aliathun, And Eva Imania Eliasa, ‘Parenting Skills As The Closest Teacher To Early Childhood At Home’, Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2023, Doi:10.21009/Jpud.172.09

Dheasari, Agustiarini Eka, Lathifatul Fajriyah, And Riska Riska, ‘Tantangan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital’, Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2022, Doi:10.46773/Al-Athfal.V3i1.417

Egita, ‘Analisis Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak Usia Dini Di Tk Aba 05’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [Jimpai], 2021

Erlita Ayu Nofridasari, And Dian Hidayati, ‘Transformasi Digital Dan Penguatan Karakter Pancasila Di Sekolah Dasar: Strategi Era Society 5.0’, Jurnal Pendidikan Dasar, 2024, Doi:10.21009/Jpd.V14i2.38890

Nasruddin, Muhammad, Endang Sriwinarsih, Yayah Rukhiyah, Supriyanti Supriyanti, And Nginayatul Khasanah, ‘Pengaruh Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Terhadap Perilaku Anak Di Rumah’, As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2021, Doi:10.32678/As-Sibyan.V6i1.4592

Noya, Andris, Willyu N. Z. Pattikawa, And Femmy Risakotta, ‘Edukasi Smart Parenting Bagi Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Era Milenial’, Jurnal Abdi Insani, 2022, Doi:10.29303/Abdiinsani.V9i1.478

Nuraeni, Fitri, And Maesaroh Lubis, ‘Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2022, Doi:10.23887/Paud.V10i1.46054

Riati, Irma Khoirsyah, ‘Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak Usia Dini’, Infantia, 2016

Rizal, Rayna Raesita Maryam, ‘Analisis Pola Asuh Orang Tua Dalam Film Animasi “Turning Red” Untuk Perkembangan Karakter Mandiri Dan Tanggung Jawab Pada Anak Pra Remaja Usia Sd’, Jurnal Elementary, 2023, Doi:10.31764/Elementary.V6i2.15892

Rosalinda, Arum Meiranny, And Hanifatur Rosyidah, ‘Intervensi Peningkatan Parenting Self-Efficacy Ibu Hamil : Literature Review’, Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 2023, Doi:10.56338/Mppki.V6i5.2891

Rudita, Ketut, And I Nyoman Wijana, ‘Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Desa Abiantubuh’, Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 2023, Doi:10.55115/Bhuwana.V6i2.3323

Saman, Asrina M, And Dian Hidayati, ‘Pola Asuh Orang Tua Milenial Dalam Mendidik Anak Generasi Alpha Di Era Transformasi Digital’, Jurnal Basicedu, 2023, Doi:10.31004/Basicedu.V7i1.4557

Stephanus Turibius Rahmat, ‘Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 2019, Doi:10.36928/Jpkm.V10i2.166

Warmansyah, Jhoni, Afriyane Ismandela, Dinda Fatma Nabila, Retno Wulandari, Widia Putri Wahyu, Khairunnisa, And Others, ‘Smartphone Addiction, Executive Function, And Mother-Child Relationships In Early Childhood Emotion Dysregulation’, Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2023, Doi:10.21009/Jpud.172.05

Winarno, Adi, Tania Eka Safitri, Fara Ayu Pratiwi, Adi Buana Surabaya, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, And Fakultas Pedagogi Dan Psikologi, ‘Penerapan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak Di Desa Mojowuku’, Communnity Development Journal, 2023

Downloads

Published

2025-07-14