PENGARUH CITRA MEREK DAN KLAIM IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SKINTIFIC PADA MAHASISWA DI SURABAYA

Authors

  • Alifia Mega Mustika
  • Devina Rizalia

DOI:

https://doi.org/10.36805/psychopedia.v10i1.10465

Keywords:

Keywords: Brand Image, Advertising Claims, Purchasing Decision, Skintific Skincare

Abstract

The purpose of this study is to investigate how brand image and advertising claims influence the purchasing decisions of Surabaya students for Skintific skincare products. Data collected from thirty respondents was processed using a descriptive quantitative approach with the multiple linear regression analysis method. The results showed that brand image and advertising claims did not simultaneously influence the purchasing decision with a significance value of 0.603 (p > 0.05). Furthermore, brand image and advertising claims also did not partially influence the purchasing decision, with significance values of 0.582 and 0.369, respectively. Further research is suggested to consider additional variables and use a larger sample size to obtain more representative results.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana citra merek dan klaim iklan memengaruhi keputusan mahasiswa Surabaya untuk membeli produk skincare Skintific. Data yang dikumpulkan dari tiga puluh responden diproses melalui pendekatan kuantitatif deskriptif yang menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan klaim iklan tidak mempengaruhi keputusan pembelian secara bersamaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,603 (p > 0,05). Selain itu, citra merek dan klaim iklan juga tidak mempengaruhi keputusan pembelian secara parsial, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,582 dan 0,369. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan dan menggunakan sampel yang lebih besar untuk mendapatkan hasil yang lebih representatif.

References

Anggraini, S. D., & Fianto, A. Y. A. (2024). PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH INFLUENCER ENDORSEMENT, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC (STUDI KASUS PADA KONSUMEN SKINTIFIC DI SURABAYA TIMUR). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 181-190.

Hakim, H., Senjaya, S., Santo, E., & Tahir, M. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 57-63.

Leonandri, D. G., & Erpurini, W. (2024). Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Demochist Clothing. Jurnal EMT KITA, 8(2), 645-649.

Septiani, R. A., & Firmialy, S. D. (2023). Pengaruh citra merek dan ulasan pelanggan terhadap keputusan pembelian skintific. Jurnal Ekuilnomi, 5(2), 425-432.

Akbar, S. S., & Darmaputra, M. F. (2022). Pengaruh periklanan, publisitas dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada konsumen UMKM Ikan Asap Demak). Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(S1), 177-184.

Maulidia, A., Prihatini, A. E., & Prabawani, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Mustika Ratu (Studi Pada Konsumen Mustika Ratu Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 803-812.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54-70.

Audrey Aulivia W. (2024, Januari 12). Insight Factory by SOCO: Gen Z menjadi pembeli terbanyak produk kecantikan. SWA. https://swa.co.id/read/449361/insight-factory-by-soco-gen-z-menjadi-pembeli-terbanyak-produk-kecantikan .

Ivan Aditya. (2024, Januari 12). Perusahaan kosmetik di Indonesia tumbuh 20,6 persen. KR Jogja. https://www.krjogja.com/nasional/amp/1242454811/perusahaan-kosmetik-di-indonesia-tumbuh-206-persen .

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2024, Februari 3). Hasilkan produk berdaya saing global, industri kosmetik nasional mampu tembus pasar ekspor dan turut mendukung penguatan blue economy. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk-berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus-pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-penguatan-blue-economy .

Downloads

Published

2025-07-12