MEMAKSIMALKAN MARKETPLACE DAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENAIKKAN OMZET USAHA

  • Fitri Sulastri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sani Suhardiman Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: pemasaran, marketplace, media sosial, UMK

Abstract

Pergeseran bentuk pasar di era digital ini secara langsung berdampak terhadap
perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Beberapa UMKM yang tidak siap
menghadapi perubahan bentuk pasar akan tertinggal. Sebaliknya UMKM yang mampu
beradaptasi dengan perubahan bentuk pasar di era digital ini justru akan semakin berkembang
karena pemasaran produknya bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Oleh karena itu
UMKM harus dipersiapkan agar dapat menghadapi perubahan pasar di era digital. UMKM
harus dibekali strategi baru dalam memasarkan produknya agar tidak hanya mampu bertahan
terhadap perubahan era digital akan tetapi juga mampu berkembang lebih pesat dengan
memanfaatkan cara transaksi baru yang ditawarkan oleh pasar di era digital.

Published
2023-04-24