Pemberdayaan Karyawan Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Layanan Marketing Pada UKM Kerupuk Kulit APHE Karawang

  • Mohammad Fadli Perdana Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Pemberdayaan, Teknologi Informasi, Profile Marketing

Abstract

Kerupuk Kulit APHE Karawang adalah sebuah UKM yang mulai berdiri pada tahun 2008 dan
masih berjalan hingga sekarang. Usaha kerupuk kulit yang dilakukan dengan menjual produk
kerupuk kulit ke reseller atau langsung ke konsumen seperti warung makan, maupun untuk
cemilan rumahan. Produk kerupuk kulit APHE sendiri sudah cukup dikenal dan memiliki
banyak konsumen. Kerupuk kulit APHE memiliki kualitas dan ciri khas sendiri pada produk
kerupuknya, namun peningkatan penjualan maupun harga dari sebuah produk, tidak hanya
dipengaruhi oleh kualitas dan khas dari produk itu sendiri, tetapi juga dipengaruhi dari
bagaimana strategi sebuah UKM tersebut dalam memasarkan sebuah produk yang
dimilikinya. Dalam mempromosikan atau memasarkan sebuah produk sangat diperlukan
menggunakan Profile Marketing dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Profile
Marketing adalah sebuah bentuk pengenalan bagi konsumen, tidak hanya produk yang di
perjual belikan, tetapi juga UKM itu sendiri. Pengabdian yang dilakukan, tidak hanya
memberikan manfaat bagi UKM itu sendiri namun juga dapat memberikan manfaat bagi
karyawan dalam memanfaatkan sebuah teknologi informasi dan mengembangkan kreatifitas
untuk mempromosikan sebuah produk

Published
2023-04-24