PEMBUATAN VIDEO PROMOSI KERUPUK APHE DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM APHE

  • N. Neni Triana Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: digital marketing, kerupuk kulit APHE, media sosial, video promosi

Abstract

Digital marketing melalui media sosial merupakan alat promosi pemasaran yang sangat mudah
untuk digunakan oleh para pelaku UMKM untuk penjualan produk dan dapat menjangkau
konsumen secara luas. Selain biaya yang rendah dan tidak memerlukan keahlian yang tinggi di
bidang teknologi, cara ini dapat dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja dengan
menggunakan alat komunikasi sehari-hari yaitu handphone. Kemudahan ini seharusnya dapat
meningkatkan hasil penjualan pada semua UMKM, tetapi tidak sedikit pelaku UMKM yang
tidak mampu memanfaatkan kemudahan ini untuk pengembangan usahanya akibat kurangnya
pengetahuan terhadap fungsi media sosial itu sendiri. Seperti halnya UMKM Kerupuk APHE,
sejak berdiri tahun 2008 sampai saat ini mereka belum menggunakan media sosial selain
WhatsApp dalam melakukan proses pemasarannya. Hal inilah yang menjadi latar belakang
Pengabdian Kepada Masyarakat dengan membuat video promosi produk dengan harapan agar
pemasaran produk dapat lebih berkembang dan berdampak pada peningkatan penjualan
kerupuk kulit APHE. Hasil kegiatan PkM berupa video promosi yang diunggah melalui
YouTube.

Published
2023-04-24