SOSIALISASI HASIL PENELITIAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR
Abstract
Semenjak pandemi Covid-19 masuk di Indonesia, hampir semua kegiatan dilakukan secara daring,
termasuk pembelajaran dari tingkat sekolah dasar sampai universitas. Dampak dari pembelajaran daring
adalah kebosanan pada peserta didik, oleh sebab itu peserta didik banyak yang melakukan kegiatan lain
untuk menghilangkan kebosanan dengan bermain game online. Kondisi mental pada peserta didik ratarata masih labil sehingga mudah lepas kontrol ketika sedang bermain game online, sehingga banyak
peserta didik yang kecanduan game online. Adapun bentuk kegiatan sosialisasi ini dilakukan melalui
pengarahan tentang pengetahuan dasar mengenai game, di antaranya dampak positif dan negatif game
online. Maka pada kegiatan pengabdian kepada masyarajat ini akan dilakukan sosialisasi aplikasi
deteksi kecanduan game online dengan menggunakan metode certainty factor. Hasil dari sosialisasi
yang dilakukan pada SMK N 1 Klari adalah memberikan pemahaman terhadap siswa/siswi tentang
game online serta memahami dampak berbahaya jika tidak disikapi dengan bijak. Dengan aplikasi yang
kamu berikan diharapkan para siswa/siswi mampu menggunakan game dengan sewajarnya.