SOSIALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS PADA ANAK INKLUISIF DI SDN KARAWANG KULON 1
Abstract
Inkluisif merupakan istilah dari dunia Pendidikan yang menyatukan ana-anak
berkebutuhan khusus ke program-program sekolah reguler. Istilah inkluisif dapat diartiakan
sebagai penerimaan anak anak berkebutuhan khusus kedalam kurikulum, lingkungan,
interaksi social dan konsep diri sekolah sehingga anak berkebutuhan khusus dapat terlibat
langsung dalam kehidupan sekolah yang menyeluru (Smith, 2014) Salah satu elemen
transformasi kurikulum di tingkat sekolah dasar adalah penguatan proses pembelajaran dan
penerapan tematik terintegrasi dengan menggunakan pendekatan saintifik dan
mengakrabkan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) bagi siswa.
Berdasarkan beberapa temuan yang diperoleh, maka dapat dijelaskan bahwa persoalan
pengembangan pembelajaran berbasis HOTS terjadi pada banyak guru di berbagai wilayah.
Pemerintah telah mengembangkan panduan pengembangan pembelajaran berbasis HOTS,
namun sosialisasi dan pelatihan masih dalam proses padahal guru sangat membutuhkan
pelatihan ini untuk segera direalisasikan. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk
meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswamelalui penyusunan perencanaan pembelajaran berorientasi
HOTS pada siswa kelas inklusif dan melakukan self assessment