PSIKOEDUKASI DETEKSI DINI MASALAH PERKEMBANGAN ANAK PADA GURU DI SEKOLAH ISLAM AL-MUMTAAZ KARAWANG
Abstract
Setiap anak diharapkan dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang terbaik sesuai dengan
potensi genetik yang ada pada anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak akan sangat optimal apabila
didukung oleh lingkungannya yakni orangtua dan guru. Orangtua dan guru juga perlu memantau
pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dini, secara teratur dan berkesinambungan. Guru adalah
orangtua anak-anak di sekolah. Guru perlu dibekali pengetahuan tentang tumbuh kembang anak dan
deteksi dini setiap kelainan tumbuh kembang, agar dapat diberikan penanganan yang efektif dan
komprehensif serta melakukan langkah pencegahan penyimpangan tumbuh kembang. Kegiatan
pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan cara memberikan psikoedukasi dalam bentuk seminar
dengan topik “Deteksi Dini Masalah Perkembangan Pada anak”. Seminar ini ditujukkan kepada para
guru Sekolah Islam Al Mumtaaz Karawang dari jenjang KB, TK, SD, dan SMP. Hasil kegiatan
didapatkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan kompetensi guru terkait perkembangan anak
dan deteksi dini terhadap permasalahan perkembangan anak sehingga sehingga jika terdapat
penyimpangan tumbuh kembang pada siswa dapat diketahui sejak dini serta upaya pencegahan,
stimulasi, penyembuhan dan pemulihan dapat diberikan dengan indikasi yang jelas.