SOSIALISASI APLIKASI UNTUK MELAKUKAN DETEKSI DINI KECANDUAN PERMAINAN ONLINE PADA SISWA SMK N 1 KLARI KARAWANG
Abstract
Pandemi COVID-19 yang terjadi secara global berdampak pada kegiatan masyarakat di
dunia, termasuk di Indonesia. Kebijakan setiap negara untuk mengatasi kondisi ini juga
beragam, salah satunya pemerintah Indonesia yang memberlakukan kegiatan tatap muka
secara luring dengan terbatas. Banyak kegiatan yang harus dilaksanakan secara daring untuk
meminimalisir penularan COVID-19. Akhirnya hal ini berdampak pada banyak masyarakat
yang menghabiskan waktunya bersama gawai untuk bermain permainan dengan media
handphone, laptop atau media elektronik lain. Bermain permainan memiliki manfaat untuk
relaksasi dari kepenatan kegiatan daring, namun jika hal ini berlanjut akan berakibat pada
kecanduan permainan. Sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk sosialisasi
aplikasi deteksi kecanduan permainan dilakukan, agar pengguna mampu mengendalikan
penggunaan gawai ketika bermain permainan. Sehingga, jika terdeteksi kecanduan dapat
meminta batuan kepada para ahli, untuk anak sekolah bisa konsultasi awal dengan guru
Bimbingan Konseling (BK)..