PELATIHAN PERHITUNGAN AKAR PANGKAT UNTUK SISWA SD KELAS VI ( SDN CINTAWARGI 1)

  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Shofa Shofiah Hilabi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Sulistya Kusumaningrum Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Perhitungan Akar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Matematika merupakan salah satu pelajaran pokok. Konsep mata pelajaran matematika
dipelajari di sekolah tingkat dasar, yaitu Sekolah Dasar. Hal ini yang harus diperhatikan.
Konsep dasar ini perlu dipahami yang dimiliki oleh peserta didik. Karena apabila konsep
dasarnya saja tidak dikuasi, akan susah menyelesaikan permasalahan atau soal-soal yang
tingkatannya lebih atas lagi, materi akar atau lebih tepatnya soal-soal latihan materi akar selalu
ada di sekolah tingkatan yang lebih atas lagi, seperti SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Bahkan
tidak sedikit soal dari materi lain adan yang mengandung bentuk akar. Hal ini, apabila konsep
dasarnya tidak menguasai, maka diperkirakan peserta didik akan sangat kesulitran dalam
menyelesaikan soal-soal tersebut. Berdasarkan seluruh rangkain kegiatan Pengabdian
Kepada Masyarakat (PKM) dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan yang telah
dilaksanakan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan sertadapat diterima
dengan baik oleh para peserta pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan pelatihan
yang tepat waktu. Para peserta yang dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dari
awal sampai akhir dengan antusiasme yang tinggi. Selain itu, para peserta juga
dapatmengerjakan soal-soal akar pangkat tiga yang diberikan dengan metode dan
cara cepat dan tepat sesuai dengan pelatihan yang telah diberikan. Dengan adanya penguasaaan
teknik cepat menghitung akar pangkat tiga, para peserta juga dapat mendampingi
peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah

Published
2023-04-16