SOSIALISASI PENGEMBANGANKOPI SANGGABUANA MELALUI KUALITAS PRODUK DAN POLA-POLA MODEL BISNIS MENUJU KAMPUNG KOPI BERBASIS EKOWISATA DI DESA MEKARBUANA KECAMATAN TEGALWARU KABUPATEN KARAWANG

  • Robby Fauji Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: kualitas produk, pola-pola model bisnis,, kopi karawang

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi
tentang kualitas produk dan pola-pola model bisnis untuk pengusaha kopi sanggabuana, kopi
hideung dan UMKM.. Pelatihan ini perlu dilakukan karena diharapkan penjualan KoSa ( Kopi
Sanggabuana ) dan kopi hideung dapat meningkat. Kegiatan pengabdian masyarakat
dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu mulai tanggal 1 Juni 2022 sampai dengan 30 Juni 2022.
Kegiatan ini melibatkan unsur bumdes, pokdarwis desa mekarbuana serta melibatkan
mahasiswa manajemen. Kegiatan ini meliputi pelatihan pembuatan dessert berupa pudding
kopi dan bolu kopi, serta pendampingan pemasaran produk. Pelatihan dilaksanakan dengan
metode ceramah dan diskusi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan respon seluruh
peserta yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan serta adanya motivasi untuk
mengembangkan bisnis melalui pola-pola model bisnis dan meningkatkan kualitas produk kopi
karawang.

Published
2023-04-14