PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MEMAHAMI KONSEP OPERASI BENTUK PECAHAN ALJABAR MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TEKNIK BERKIRIM DAN SALAM (TBSS) BAGI SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan
operasi bentuk pecahan aljabar bagi siswa kelas VII-A SMP negeri 2 Cilamaya Wetan. Jenis penelitian
ini adalah penilitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas VII-A yang berjumlah 40
siswa pada Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Proses perbaikan pembelajaran yang dilakukan
menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal (TBSS). Penelitian ini
dilakukan selama dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat komponen untama yaitu
perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting).
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII-A dalam
memahami konsep operasi bentuk pecahan aljabar yang ditandai dari hasil evaluasi dan peningkatan
aktivitas belajar siswa yang positif selama dua siklus. Pembelajaran dengan Model Pembelajaran
Koperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal (TBSS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa matematika
terutama pada pokok bahasan memahami operasi hitung bentuk aljabar. Peningkatan hasil belajar siswa
diketahui dari sebelum dikenai tindakan, hasil belajar siswa secara klasikan dinyatakan bahwa sebanyak
7 siswa dari 40 siswa yang tuntas belajar atau 17,50% dan setelah melalui proses perbaikan
pembelajaran menetapkan TBBS dengan tindakan pertama atau siklus 1 hasil belajar siswa meningkat,
20 siswa belajar tuntas atau 50 %. Hasil belajar siklus ke 2 menunjukan adanya penoingkatan dari siklus
sebelumnya. Sebanyak 35 siswa dari 40 siswa pada siklus 2 dinyatakan belajar tuntas atau 87,50%.
Bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Koperatif TBSS dapat menjadi salah satu alternative
model pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah, guna meningkatkan hasil belajar siswa.