ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMBI PORANG MENGGUNAKAN METODE COMPETITIVE POSITIONING ANALYSIS

  • Farida Risqi Nur Safitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhamad Sayuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ade Suhara Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: UMKM, competitive positioning analysis, strategi bisnis, matriks SWOT, business model canvas, interactive marketing

Abstract

Desa Manggungjaya merupakan desa yang bisa ditanami porang di daerah Kabupaten Karawang, di
desa ini terdapat UMKM yang bisnisnya menjual umbi porang, yaitu UMKM Bahari Porang Karawang.
Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar karena belum terlalu banyak pesaingnya, oleh karena itu
UMKM Bahari Porang Karawang harus segera memiliki strategi yang sesuai agar bisa bertahan lama
di pasar untuk bisnis produk yang serupa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
strategi pengembangan bisnis dari UMKM dan mengetahui posisi UMKM ini pada bisnis yang serupa.
Competitive positioning analysis digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui strategi bersaing yang
bisa dilakukan oleh UMKM. Dari hasil competitive positioning analysis yang didalamnya ada proses
pembuatan matriks SWOT, dapat diketahui bahwa UMKM Bahari Porang Karawang sedang
memposisikan diri di pasar untuk dapat lebih dikenal, terutama untuk produk yang ditawarkan. Jadi
sebagian besar strategi yang harus dilakukan oleh UMKM berkaitan dengan pembuatan Business Model
Canvas dan melakukan interactive marketing. UMKM perlu menganalisis bisnisnya dalam bentuk
Business Model Canvas agar UMKM bisa merencanakan bisnisnya berdasarkan proposisi nilai UMKM,
produk, infrastruktur, pelanggan dan keuangan, serta agar UMKM bisa meningkatkan fokusnya pada
poin penting dalam perencanaan bisnisnya.

Published
2023-04-10