PENGENALAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN INTERACTIVE MARKETING UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN DAN PEMASARAN

  • Farida Risqi Nur Safitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ade Suhara Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhamad Sayuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: pengabdian, masyarakat, KKN, Business Model Canvas, interactive marketing

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang tahun 2022 dilaksanakan di 84 desa yang
tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Karawang. Salah satu desa yang menjadi sasaran
KKN ini adalah Desa Manggungjaya. Salah satu UMKM yang bergerak dibidang pertanian
dan perkebunan di Desa Manggungjaya adalah UMKM Bahari Porang Karawang.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di UMKM Bahari Porang Karawang,
didapatkan hasil bahwa UMKM ini masih belum dikenal banyak orang, tingkat penawaran
serta permintaannya juga belum terlalu tinggi, hal ini disebabkan karena proses bisnis yang
berjalan belum melewati proses analisis bisnis yang tepat dan sesuai, serta promosi yang
dilakukan oleh UMKM masih sangat kurang. Proses analisis bisnis sangat penting untuk
dilakukan agar UMKM bisa meningkatkan fokus bisnisnya pada poin penting, hal yang bisa
dilakukan adalah dengan dengan membuat konsep model bisnis dari UMKM Bahari Porang
Karawang. Berdasarkan hal ini, maka perlu dilakukan pengenalan Business Model Canvas
dan interactive marketing. Hasil dari kegiatan ini adalah UMKM Bahari Porang Karawang
mendapatkan pengetahuan tentang Business Model Canvas dan juga hal- hal yang berkaitan
dengan interactive marketing dan juga bisa langsung mempraktekan penyusunan model bisnis
BMC dan pembuatan akun Shopee sebagai media pemasaran dan jual beli.

Published
2023-04-10