EFEKTIFITAS PEMASARAN MELALUI PEMBERDAYAAN UMKM RENGGINANG CAI PINDANG DI DESA CICINDE

  • Andes Safarandes Asmara Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aang Solahudin Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yusi Ardiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: pemberdayaan, UMKM, cai pindang

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam
perekonomian masyarakat Indonesia. UMKM sebagai salah satu perwujudan erat kaitannya dalam
perekonomian rakyat yang perlu untuk dikembangkan, karena sektor ini mampu menyediakan
peluang kerja yang bisa menyerap tenaga kerja cukup tinggi khususnya di wilayah Cicinde selatan,
sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar
hidup masyarakat. Salah satu UMKM yang ada di Cicicnde Selatan yaitu Rengginang cai pindang,
ibu Ruyati yang menjadi pelaku UMKM usaha rengginang cai pindang berdiri sejak tahun 2011,
Dinamai rengginang cai pindang dikarenakan pada proses pembuatannya menggunakan air rebusan
dari ikan pindang untuk proses memasak nasinya. Tujuan adanya kegiatan ini diupayakan dapat
membantu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM rengginang cai pindang. Strategi
pengembangan produk ini bertujuan untuk mengkaji upaya untuk meningkatkan pertumbuhan usaha
perlu dipelajari karakteristik serta permasalah. Permasalahan UMKM adalah kurang terampil dalam
pengemasan produk, proses pemasaran yang masih secara langsung belum menggunakan digital
marketing dan Iklim usaha yang kurang kondusif.

Published
2023-03-29