PENGENALAN MEDIA PROMOSI DAN PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI DIGITAL MARKETING
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu penguat ekonomi di Indonesia.
Namun, di Desa Cikuntul, Karawang ternyata masih banyak UMKM yang belum
memaksimalkan potensinya karena masih belum memahami manfaat teknologi dan informasi.
Adanya internet, media sosial dan bahkan pasar elektronik (e-commerce) yang dimanfaatkan
dengan baik, akan membantu UMKM dalam memasarkan produknya, sehingga lebih banyak
konsumen dan terjangkau oleh semua kalangan. Sehingga, kegiatan pengabdian kepada
masyarakat kali ini melakukan sosialisasi pemanfaatan digital marketing untuk
mempromosikan dan meningkatkan kemampuan bersaing UMKM di Desa Cikuntul. Hasil
kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing meningkatkan pemasaran
produk UMKM sehingga diharapkan omset meningkat karena UMKM lebih mudah dikenal
dan menarik pelanggan yang lebih luas. Selain itu, pemanfaatan digital marketing mampu
mengurangi biaya iklan dan mempercepat transaksi.