STRATEGI INOVASI DAN PENGEMBANGAN PRODUK BERBASIS DIGITAL PADA UMKM DI DESA JATIMULYA KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM di masa
pandemi dan era adaptasi baru. Karena UMKM harus melakukan substitusi pemasaran
tradisional ke bentuk digital. Tantangan yang dihadapi adalah kemampuan pelaku
UMKM dalam menguasai teknologi dan juga ketersediaan infrastruktur teknologi yang
sudah tidak dapat ditawar. Di Desa Jatimulya banyak berkembang industri dengan jenis
olahan dan skala usaha yang beragam, satunya usaha UMKM nya adalah “GORING
(Goreng Kering)” dan “Kripik Pisang” yang memiliki lebel “Zidan Snack”. UMKM di
Desa Jatimulya Kabupaten Karawang belum bisa memanfaatkan perangkat digital
sebagai Strategi inovasi dalam pengembangan produknya. Pendampingan yang telah
dilakukan di Desa Jatimulya adalah Membantu pembuatan kemasasan produk dengan
menarik, Mengenalkan dan membantu membuatkan Media Sosial dan Mengenalkan
dan membantu pembuatan flyer kepda Pelaku usaha UMKM di Desa Jatimulya
Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang.