STRATEGI EKONOMI BERBASIS ONLINE
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi di
Indonesia.Salah satu peningkatan strategi ekonomi adalah terhubung dengan basis online untuk
mempermudah darisegi pemasaran maupun penjualan. Proses pengenalan produk lebih efektif
direalisasikan dalam bentukiklan promosi pada media sosial berupa postingan, gambar, dan
frame video kemudian didistribusikan ke dalam media sosial. Kajian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi pemasaran yang harus dilakukan UMKM Aneka macam keripik dan
Rempeyek guna mempertahankan bisnisnya di masa yang serba digital. Metode yang
dilakukan adalah dengan menggunaakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan, dokumentasi
dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan penulis
mengungkapan bahwa promosi yang dilakukan dengan membantu desain Pamflet dan
memperbaharui kemasan dengan logo dan desain yang kreatif, juga menarik bisa dapat
membantu meningkatkan penjualan dan bisa mempertahankan penghasilan UMKM dengan
memasarkannya melalui media sosial bisa dapat menarikperhatian konsumen untuk membeli
produk.