MENGGALI POTENSI UMKM DESA TIRTASARI MELALUI DIGITALISASI MARKETING
Keywords:
Desa Tirtasari, UMKM, Digitalisasi MarketingAbstract
Desa Tirtasari merupakan desa yang terletak di kecamatan Tirtamulya kabupaten Karawang. Desa Tirtasari
memiliki banyak sumber daya alam yang bisa dikembangkan oleh masyarakat untuk mendukung
perekonomian warga dan juga memajukan desa.UMKM yang sedang dikembangkan oleh kelompok ibu-
ibu PKK yaitu seperti keripik pelepah pisang, kecimpring pisang, brownies jambu kristal, brownies pepaya,
keripik daun jambu biji, perkebunan asparagus, Apotek hidup dan tanaman lainnya sehingga bisa menjadi
produk unggulan desa setelah dipasarkan secara luas. Mahasiswa KKN memiliki tujuan untuk membantu
agar usaha yang sedang berjalan lebih berkembang, yaitu dengan cara membina dan membuat suatu teknik
pemasaran dengan memanfaatkan teknologi Digitalisasi. Pembinaan ini dilakukan dengan cara penyuluhan
dan edukasi pentingnya media online untuk mempromosikan produk usahanya dan mengembangkannya
diera Digital. Pemasaran yang dilakukan yaitu dengan sosial media Instagram dan shopee yang dimana
nanti akan diberikan kepada pelaku UMKM untuk dikelola dengan baik dan dapat mempromosikan produk
nya lebih luas.