SOSIALISASI UNTUK OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM (Studi Kasus : Desa Segaran Karawang)
Abstract
Desa Segaran merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Batujaya
Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Desa Segaran mempunyai potensi desa yang
lumayan cukup dari segi UMKM nya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah
salah satu usaha yang sangat menopang aktivitas ekonomi apalagi dalam kondisi krisis
ekonomi setelah Covid-19. Meskipun pertumbuhan UMKM di Desa Segaran memiliki peluang
yang baik, akan tetapi masih menyisakan banyak permasalahan. Salah satu permasalahan
tersebut diantaranya dari segi digitalisasi. Karena masih banyak UMKM yang belum mengembangkan penjualannya lewat digital sehingga masih terbatasnya penjualan atau
promosi pada UMKM di desa tersebut. Maka dari itu kelompok kami ingin membantu agar
lebih berkembangnya UMKM di desa segaran melalui digitalisasi. Sehingga lebih bisa
berkembang lagi dan banyak dikenal diluar dari Desa Segaran. Yang sudah kami capai untuk
membantu mengembangkan UMKM di desa segaran yaitu promosi melalu sosial media dan
mendaftarkan usaha UMKM di google maps agar lebih mudah di temukan oleh orang lain
ketika ingin mengunjungi ataupun membeli secara langsung.