DIGITALISASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PELAKU UMKM dI DESA SABAJAYA
Abstract
Ketidaksiapan akan digitalisasi membuat pelaku usaha kesulitan memasarkan produk dan
jasanya sehingga kalah dalam persaingan usaha. Beberapa pelaku usaha yang berada di
daerah dan belum terbiasa dengan internet biasanya memiliki kendala untuk menerapkan
digitalisasi dalam kegiatan usahanya. Salah satunya adalah beberapa pelaku usaha di desa
Sabajaya, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa
Barat, Indonesia. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Sabajaya adalah
petani sehingga akses dan pengetahuan terhadap digitalisasi masih kurang. Tujuan dari
pengabdian ini adalah membantu mensosialisasikan pentingnya peran digitaliasi pelaku
UMKM di desa Sabajaya khususnya pelaku UMKM konveksi tas. Untuk mengetahui
kebutuhan dari pelaku usaha tersebut, dilakukan proses wawancara dan observasi. Hasil
dari wawancara dan observasi dijadikan sebagai dasar pemberian saran berupa
penggunaan metode pemasaran digital, pembuatan banner dan sosialisasi