PENDAMPINGAN KEGIATAN SOSIALISASI DIGITALISASI UMKM DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PASCA PANDEMI COVID-19 (DESA KALIDUNGJAYA)

  • Hilda Yulia Novita Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anis Fitri Nur Masruriyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: digitalisasi, e-commerce, media sosial, UMKM

Abstract

Desa Kalidungjaya sendiri terdapat beberapa UMKM yang dijalankan oleh masyarakatnya,
seperti pabrik tempe rumahan, peternak lele, penjual kue basah rumahan, dan produk
makanan ringan perkumpulan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Usaha
yang dijalankan termasuk ke dalam usaha kecil dikarenakan produk hanya dijual di sekitar
Desa Kalidungjaya, dan produk akan di produksi jika hanya ada pemesanan dari pelanggan.
Maka dari itu agar lebih efektif pelaku usaha harus mengganti strategi, seperti
mempromosikan produk mereka secara online melalui media sosial dan memulai berjualan di
e-commerce. Hal ini tentunya akan menjadi suatu keharusan pelaku usaha untuk membuat
produk mereka dapat dipromosikan secara luas dan mendapatkan konsumen yang lebih
banyak lagi selain di Desa Kalidungjaya. Berdasarkan permasalahn tersebut, diperlukan
kegiatan sosialisasi digitalisasi UMKM dalam upaya meningkatkan penjualan pasca pandemi
COVID-19.

Published
2023-03-29