PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA CIPONDOH

  • Lilis Lasmini Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ryan Gusti Nugraha Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ariandoro Marpaung Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Website, UMKM, Ekonomi

Abstract

Di era saat ini, teknologi memberikan dampak yang sangat besar terhadap aktivitas manusia,
baik dalam hal komunikasi maupun transaksi. Pemangku kepentingan UMKM Desa Cipondoh
menghadapi kendala dalam memasarkan produknya, sehingga pemanfaatan website UMKM
Desa Cipondoh dimaksudkan untuk memberikan wadah bagi UMKM yang ingin terus
memasarkan dan mempromosikan produk UMKM Desa Cipondoh. Website ini dibuat dengan
harapan dapat menjadi solusi bagi konsumen dan meningkatkan penjualan juga pemasaran.
Metode analisis dan pengumpulan data digunakan untuk membuat website UMKM karena
adanya data tentang produk UMKM, jenis produk dan harga dari produk yang mereka buat.
Dengan hadirnya website UMKM Desa Cipondoh diharapkan dapat menjadi wadah
pengembangan bagi masyarakat Desa Cipondoh untuk mengembangkan dan memperluas
perekonomiannya, meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM. Metode yang
digunakan adalah analisis dan pengumpulan data, setelah masalah dianalisis, akan dilakukan
pengumpulan data untuk menentukan data apa yang harus ada di website. Selain itu, data
tersebut digunakan kemudian diolah oleh sistem untuk menghasilkan informasi yang
bermanfaat pada website UMKM Desa Cipondoh.

Published
2023-03-29