SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA GEMPOLKARYA KECAMATAN TIRTAJAYA KABUPATEN KARAWANG

  • Bayu Priyatna Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • April Lia Hananto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: UMKM, Digital Marketing, Prosedur, Legalitas.

Abstract

Hampir semua sektor memanfaatkan teknologi sebagai inovasi tidak terkecuali pada sektor
UMKM. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang
memiliki peran penting dalam perkembangan, pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan
masyarakat. Dengan adanya sektor UMKM, pengangguran akibat angkatan kerja yang tidak
terserap dalam dunia kerja menjadi berkurang. Tujuan yang ingin dicapai dalam peneltian ini
adalah untuk mengetahui pemahaman penggunaan marketplace dan menambah pengetahuan
serta memperluas pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah
deskriptif dan wawancara dari pihak-pihak terkait. Hasil kajian ini menjukkan bahwa sasaran
UMKM di Desa Gempolkarya ada 2 sasaran yaitu Usaha Dendeng Ikan barokah jaya dan
Keripik Pisang Ibu Ersa. tim pengabdian pada masyarakat membuatkan platform seperti
Pembuatan Akun Digital Marketing atau pemasaran melalui digital yaitu akun Shopee, tautan
Website dan Publikasi tautan kegiatan di Instagram, prosedur legalitas usaha atau SKU dan
Rebranding kemasan produk dan pelatihan pembukuan keuangan.

Published
2023-03-29